Home » Sistem Komputer

Sistem Komputer

Sistem Komputer

Program Studi Sistem Komputer menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang rekayasa komputer dn kontrol, Rekayasa jaringan komputer statis kejaringan yang bergerak (mobile), rekayasa robotika dari sistem mekanik ke sistem yang lebih pintar (intelegent), serta mampu menganalisa, mendesain dan mengendalikan jaring komputer dengan spektrum yang sangat beragam.

 

Embedded System Dan Internet Of Things (IoT) Universitas Budi Luhur
Embedded System Dan Internet Of Things (IoT) Universitas Budi Luhur

Embedded System Dan Internet Of Things (IoT)

  • Dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan banyak perangkat/device yang mengaplikasikan embedded System. Embedded system (sistem tertanam) adalah sistem ada pada suatu perangkat dan memiliki fungsi sebagai core dan juga perilakunya atau suatu sistem didalam komputer yang dibuat untuk menangani pekerjaan dan fungsi tertentu.Kebanyakan yang perangkat yang memiliki embedded system adalah alat dengan kemempuan spesifik, seperti peralatan rumah tangga (microwave, penyedot debu dan mesin cuci) dan dalam perangkat kecil seperti digital device (Mp3 Player, jam tangan) serta communication device (ponsel), lift, mobil, pesawat dan juga robot.
  • Internet of things (IoT) adalah bagian dari embedded system , saat ini Iot merupakan tren disruptive berikutnya dari perkembangan di bidang telematika. Diramalkan pada tahun 2020 akan lebih dari 50 Triliun perangkat akan terhubung ke internet.
  • Mahasiswa ditantang untuk mengikuti tren dan mengaplikasikan ilmu terkait jaringan dan organisasi komputer untuk memahami bagaimana mendesain perangkat internet of things mulai dari end node hingga middleware yang akan menghubungkan ke aplikasi pengguna. Mahasiswa akan belajar  mengnalisis Jaringan Internet Global yang bersifat konvergen, cara kerja berbagai macam sensor dan mendesain solusi sistem berbasis perangkat sensor.

 

Prospek Kerja:

    • Software Embedded Programmer
    • Control System Engineer
    • Embedded System Engineer
    • IoT Solution Architect
    • Mobile Developer

 

Prospek Kerja Sistem Komputer (secara umum):
Ahli dibidang rekayasa sistem kontrol industri (System Engineer), Ahli dibidang rekayasa jaringan komputer (Network Engineer), ahli dibidang computer based (Computer Specialist), Engineering Consultant(Problem Solution), ahli dibidang riset dan pengembangan sistem berbasis komputer (R&D Engineer)