Home » BLITS – Explore Indonesia

BLITS – Explore Indonesia

PLN BLITS Explore Indonesia adalah kegiatan tour keliling Indonesia dari Sabang sampai dengan Merauke dengan melibatkan 4 kendaraan dengan total jarak tempuh kurang lebih 20.000 km. Yang menjadi spesial dalam kegiatan ini adalah bahwa seluruh kendaraan yang digunakan menggunakan energi terbarukan (renewable energy). Seluruh kendaraan merupakan hasil inovasi dan kreasi anak bangsa yaitu antara Universitas Budi Luhur (UBL) dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang didukung oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menguji ketahanan mobil listrik BLITS yang 100 % menggunakan energi listrik sebagai hasil kolaborasi antara UBL dengan ITS. Mobil BLITS dari awal memang direncanakan untuk diterjunkan dalan ajang Reli Dakar 2020. Sebagaimana kita ketahui bahwa Reli Dakar (dulu dikenal dengan nama Paris-Dakar) adalah balapan tahunan yang dilaksanakan oleh Amaury Sport Organisation dan bersifat terbuka untuk pembalap amatir ataupun profesional.

Sampai saat ini baru ada 3 perwakilan Indonesia yang mengikuti Reli Dakar. Pada tahun 1990, Tinton Soeprapto ikut ajang Reli Dakar dengan mobil Mitsubishi Pajero. Selanjutnya 2 tahun berturut-turut Bpk. Kasih Hanggoro (Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti) mewakili Indonesia dalam Reli Dakar, yaitu tahun 2010 dengan mengendarai mobil McRae Rage Buggy, serta tahun 2011 kembali tampil di ajang ini bergabung dengan Team Epsilon Spain, menggunakan mobil Mitsubishi Montero.

Selain dalam rangka menguji ketahanan mobil BLITS, kegiatan Explore Indonesia ini ditujukan juga untuk mengedukasi kepada seluruh masyarakat Indonesia tentang penerapan energi listrik yang bersih untuk mobil sebagai alat transportasi. Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat juga menjadi lebih sadar akan keterbatasan minyak yang merupakan sumber energi tidak terbarukan (unrenewable energy). Rute yang dipilih dalam kegiatan explore Indonesia sengaja dipilih melalui daerah wisata dengan maksud mengenalkan potensi wisata yang ada di tiap daerah di seluruh Indonesia yang dilalui.