Home » Komunikasi Pariwisata

Komunikasi Pariwisata

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur memberikan ruang kepada Mahasiswa untuk mendalami Ilmu Komunikasi dengan beberapa jalur peminatan atau konsentrasi. Salah satu konsentrasinya yaitu:

Komunikasi Pariwisata

Perspektif Pariwisata Indonesia
Pariwisata kita menduduki peringkat ke-47 dunia tahun ini, sedangkan tahun sebelumnya hanya peringkat ke-100. Artinya Indonesia punya potensi yang besar dalam pariwisata, tantangan bangsa ini adalah bagaimana cara untuk memikat para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara untuk datang dan menikmati keindahan-keindahan yang ada di Indonesia. Semboyan “Wonderful Indonesia” adalah sangat mewakili, mengingat wilayah Indonesia luas untuk dieksplorasi, variatif dari sisi budaya, dan sangat indah dari sisi lanskapnya.

Konsentrasi Komunikasi Pariwisata
Konsentrasi ini menekankan pada aspek komunikasi pariwisata dengan detail sebagai berikut,

Profil Profesi Deskripsi Profil
Tourism and hospitality campaign planner Memiliki kemampuan untuk memberikan konsultasi, menganalisis khalayak dan potensi pariwisata, hingga membuat perencanaan dan menyusun proposal kampanye pariwisata dan keramah-tamahan. Mampu mempresentasikan proposal kampanye pariwisata dan keramah-tamahan ke stakeholder industri pariwisata.
Tourism and hospitality Researcher Memiliki kemampuan identifikasi permasalahan bidang pariwisata dan keramah-tamahan. Mampu menerapkan teori dan metodologi yang digunakan. Mampu menganalisa permasalahan berdasarkan teori dan metodologi yang digunakan hingga mampu memberikan saran dan kesimpulan secara akademis dan praktis
Travel Content Creator Memiliki kemampuan membuat konsep, ide dan gagasan hingga memproduksi konten promosi pariwisata berupa tulisan (konvensional dan online), audio visual (vlog).
Tourism Brand and branding specialist Memiliki kemampuan analisis dan mengelola merek destinasi pariwisata. Mampu menyusun proposal merek kepada stakeholder industri pariwisata, dan mengkomunikasikannya kepada khalayak sasaran mengenai destinasi pariwisata.

Mata Kuliah Unggulan
Konsentrasi ini memiliki mata kuliah unggulan yaitu,

  • Kerjasama Pariwisata
  • Isu dan Strategi Bidang Pariwisata
  • PR for Tourism
  • Event Management
  • Fotografi Pariwisata

Banyaknya lokasi wisata di Indonesia merupakan potensi yang besar, Lulusan Komunikasi Pariwisata ini dibekali berbagai strategi komunikasi untuk menjadi enterpreneur kreatif yang mampu untuk mengenalkan berbagai keindahan di Indonesia kepada para wisatawan lokal maupun internasional.

Dengan berbagai keunggulan sumber daya alam, variasi budaya, pula keramahtamahan masyarakatnya, serta didukung strategi dan promosi yang tepat, niscaya pariwisata Indonesia akan mampu bersaing dalam kancah internasional, seperti Bali yang terpilih menjadi destinasi terbaik di dunia pada 2017 oleh Trip Advisor.

Untuk Informasi lebih lanjut kunjungi website: http://fikom.budiluhur.ac.id