Yuk Ikuti Program Magang Internasional Sebagai Bentuk Implementasi Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar

Yuk Ikuti Program Magang Internasional Sebagai Bentuk Implementasi Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar

Jakarta, 04 Oktober 2020. Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) kembali menyelenggarakan webinar Internasional secara virtual pada 03 Oktober 2020 betemakan “Internship Global (Eropa), Implementasi Konsep #KampusMerdeka dan #MerdekaBelajar”. Webinar yang dilangsungkan mulai pukul 13:00 – 15:00 WIB ini dihadiri oleh Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M, selaku Rektor Universitas Budi Luhur (UBL) sekaligus Ketua Kerjasama Luar Negeri APTIKOM.

 

Dalam webinar ini juga turut dihadiri Gunawan Zuardi, Msc selaku selaku Direktur PT Inovasi Telematika Nusantara menjadi salah satu narasumber menyatakan bahwa program internship sangat efektif dalam dunia kerja.
“Program internship atau magang kini diyakini oleh banyak perusahaan sebagai salah satu tools yang efektif untuk mengidentifikasi talent-talent yang berbakat. Gelar sarjana saja tidak cukup untuk bersaing di dunia kerja, namum kita harus mempunyai pengalaman atau terlibat di dalam satu program magang yang memang berkualitas.” Kata Gunawan Zuardi, Msc.

Dr. Ir. Wendi Usino., MSc., M.M menjadi narasumber pada webinar Internasional  “Internship Global (Eropa)”, Implementasi Konsep #KampusMerdeka dan #MerdekaBelajar”.

Salah satu kesempatan emas yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam waktu dekat yakni program internship yang diselenggarakan National Health Sercive (NHS) England. Program internship yang didukung oleh Royal Brithis Computer Society. Dengan membebaskan mahasiswa memilih durasi magang antara 4 bulan hingga 8 bulan dan registrasi dimulai 19 Oktober 2020 hingga akhir Novemver 2020 melalui website https://virtualtraining.id sedangkan pelaksanaan magang dilakukan pada Februari 2021.

“Mudah-mudahan ini juga peluang untuk mengirimkan mahasiswa-mahasiswa kita (UBL) agar going global, karena going global adalah satu kebanggaan untuk orang Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain. Saya pikir skema ini sesuai dengan skema kampus merdeka, merdeka belajar yaitu magang tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri.” Ungkap Dr. Ir. Wendi Usino, Msc., M.M selaku Rektor Universitas Budi Luhur.

Tentu ini adalah sebuah bentuk dari implementasi kampus merdeka, merdeka belajar Universitas Budi Luhur sesuai dengan kebijakan kemendikbud yang diatur dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang kampus merdeka. Selama ini Universitas Budi Luhur telah menjalankan kampus merdeka, mulai dari merdeka memilih mata kuliah sesuai hobi, menentukan jadwal kuliah, memilih jenis tugas akhir, merdeka belajar di manapun, dan bebas kuliah sambil kerja/magang di luar negeri.