Universitas Budi Luhur Meraih Penghargaan Dari LLDIKTI Wilayah III Atas Inovasi dan Prestasi di Masa Pandemi

Universitas Budi Luhur Meraih Penghargaan Dari LLDIKTI Wilayah III Atas Inovasi dan Prestasi di Masa Pandemi

Jakarta, 29 Juni 2020 telah dilaksanakan pemberian penghargaan kepada 54 Perguruan Tinggi yang telah berinovasi dan berkontribusi dalam kegiatan relawan selama pandemi. Acara pemberian penghargaan ini diselenggarakan secara daring yang dihadiri oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D selaku Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc selaku Kepala LLDIKTI Wilayah III sekaligus petinggi dari berbagai Perguruan Tinggi Wilayah III.

Kegiatan yang sudah terlaksana oleh Universitas Budi Luhur membagikan selamas pandemi covid-29 diantaranya membagikan masker dan sembako secara gratis, peduli tenaga medis dengan memberikan bantuan donasi alat perlindungan diri , dan membagikan masker gratis kepada para pengemudi ojek online maupun masyarakat dengan menggunakan motor listrik karya mahasiswa Budi Luhur

Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D selaku Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi menuturkan bahwa “Selama masa pandemi ini Perguruan Tinggi telah melakukan banyak Perguruan Tinggi yang telah membuat produk Inovasi seperti Face Shield, termo-camera, hand sanitizer, cairan disinfektan dan lain-lain dengan memberikan energi positif dari kampus, di tengah pandemi ini publikasi dosen juga meningkat yang menandakan kualitas Perguruan Tinggi di saat pandemi Covid-19 juga semakin meningkat.” Jelas Beliau.

Penghargaaan terbagi dalam 4 kategori yaitu: Kategori Perguruan Tinggi yang Menghasilkan Inovasi dan Produk Kesehatan Selama Pandemi Covid-19, Kategori Perguruan Tinggi yang Berkontribusi dalam Kegiatan Kerelawanan Selama Pandemi Covid-19, Kategori Perguruan Tinggi Peraih QS WORLD UNIVERSITY RANKINGS dan Penghargaan untuk Rumah Sakit yang telah bekerja sama dengan LLDIKTI Wilayah III dalam kegiatan tes rapid dan swab.

Universitas Budi Luhur meluncurkan Aplikasi Budi Luhur Work From Home untuk karyawan, dosen dan staf Budi Luhur dimana dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur keistimewaannya, yaitu Kondisi Kesehatan, Update Kegiatan, Info Terkini, Report, dan Update Profile

 

Universitas Budi Luhur menjadi salah satu Perguruan Tinggi di Wilayah III yang mendapatkan penghargaan atas prestasi dan inovasinya di masa pandemi untuk kategori “38 Perguruan Tinggi Yang Berkontribusi Dalam Kegiatan Kerelawanan Selama Pandemi Covid-19.” Adapun kontribusi yang telah dilakukan Universitas Budi Luhur dalam pencegahan dan penanggulangan covid-19 di antaranya: Membentuk “Relawan Budi Luhur Peduli Sekitar” memberikan bantuan berupa sembako dan makanan siap saji untuk masyarakat yang terkena PHK atau dirumahkan di kawasan Jabodetabek, membagikan masker dan jamu secara gratis kepada masyarakat. Serta memberikan bantuan donasi untuk tenaga medis seperti alat perlindungan diri yang memadai seperti hazmat, sepatu boot, masker, sarung tangan, makanan, dan vitamin ke 4 Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dan petugas pemakaman.

Mengadakan Virtual Tour Jakarta Old Town bersama program studi komunikasi pariwisata untuk mengatasi kejenuhan saat berada dirumah, sehingga dapat mencegah penularan covid19.

Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M mengutarakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari nilai-nilai cerdas Berbudiluhur, “Berperan aktif dalam pencegahan penyebaran Covid-19 melalui inovasi dan aksi nyata adalah bentuk implementasi dari nilai-nilai Cerdas Berbudiluhur, yang merupakan tanggung jawab semua Blutizen, semoga upaya ini bermanfaat dan diberkahi Tuhan YME.” Jelasnya.

LLDIKTI Wilayah III juga telah meluncurkan buku mengenai kumpulan solusi dan inovasi selama masa pandemi covid-19 dari berbagai Perguruan Tinggi yang berjudul “Sinergi Perguruan Tinggi di Tengah Pandemi” dan dapat diunduh pada tautan http://ringkas.kemedikbud.go.id/BukuLL3

Sebagai penutup, Prof. Agus Setyo Budi menuturkan “Hikmah dan pembelajaran yang dapat diambil selama pandemi Covid-19, dimana kesadaran untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat menjadi prioritas, teknologi informasi yang semakin maksimal dimanfaatkan yang menjadikan aktivitas lebih mudah dan fleksibel, serta Perguruan Tinggi banyak menghasilkan produk-produk inovasi, kolaborasi, dan terbentuknya solidaritas antar manusia yang semakin tinggi dalam kegiatan kerelawanan.” Jelasnya

Sekali lagi Selamat atas pencapaiannya dan sukses terus untuk Universitas Budi Luhur. Salam Budi Luhur.

 

WhatsApp chat