Universitas Budi Luhur Lakukan MoU dengan Kecamatan Ciledug

Jumat, 01 Maret 2019 Universitas Budi Luhur menjalin kerjasama dengan Kecamatan Ciledug ditandai dengan penanadatanganan MoU. Acara ini berlangsung di Jl. KH. Hasyim Ahari No. 2, Tangerang, Banten pada pukul 09.00 WIB – 10.30 WIB. Penandatangan MoU sebagai bentuk nyata Universitas Budi Luhur dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya di bidang pengabdian kepada masyarakat.

Universitas Budi Luhur berfokus menjalin kerjasama dengan masyarakat sekitar kampus, salah satunya dengan Kecamatan Ciledug. Dengan MoU ini diharapkan  kerjasama yang baik antara kedua belah pihak dan saling bersinergi efektif melalui program-program yang telah disepakati dari kedua belah pihak dengan tujuan utamanyad untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat sekitar.

Hadir dalam penandatanganan MoU dari pihak Universitas Budi Luhur antara lain  Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA; Dr. Ir. Wendi Usino, Msc Deputi Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan; Ir. Bullion Dragon Andah, M.Sc Direktur Administrasi Umum; AMB Sunten Z. Manurung Direktur Kerjasama;dan Widodo, Ms., S. Kom Direktur Keuangan. Adapun dari pihak Kecamatan Ciledug yang turut hadir dalam MoU diantaranya Ketua Camat Ciledug, A. Budi Wahyudi, AP, M.Si dan didampingi delapan lurah serta staf kecamatan.

Sambutan dari A. Budi Wahyudi, AP, M.Si selaku Camat Ciledug.

Kehadiran Universitas Budi Luhur disambut baik oleh Camat Ciledug Budi Wahyudi dan lurah Ciledug beserta staf dari Kecamatan Ciledug. Acara diawali paparan dari Camat Ciledug “Rencana kerjasama yang kongkrit bagi kedua pihak adalah untuk melatih atau membina masyarakat setempat dalam pengunaan teknologi informasi yang kekinian untuk kepentingan ekonomi berbasis kreatif, mandiri, dan tehnik pemasaran berbasis online guna meningkatkan ekonomi rakyat.” ujar Budi Wahyudi.

Penyampain pidato oleh Dr. Ir. Wendi Usino selaku Deputi Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan

Selanjutnya sambutan dari Dr. Ir. Wendi Usino selaku Deputi Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan “ Kami meyambut baik kerjasama ini, Universitas Budi Luhur mengerti bahwa masih banyak masyarakat sekitar membutuhkan bantuan di bidang perekonomian. Melalui ekonomi kreatif kami siap membantu kepada masyarakat Kecamatan Ciledug dengan program-program yang akan dilaksanakan, salah satunya dengan mengubah sampah menjadi barang yang bernilai bersama Umi Tutik. Disamping itu Universitas Budi Luhur juga siap membantu memberikan bimbingan belajar kepada siswa/i SMA dan SMK untuk menghadapi persiapan ujian Perguruan Tinggi baik Swasta maupun Negeri” ujar Deputi Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Kasih Hanggoro, MBA selaku Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti menyampaikan pada pidatonya bahwa “Universitas Budi Luhur hadir sebagai lembaga yang peduli terhadap masyarakat, membangun perekonomian masyarakat menjadi hal penting untuk kita semua. Sehingga Universitas Budi Luhur bersedia untuk bekerjasama demi mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi khususnya pengabdian masyarakat serta memberikan edukasi mengenai pengelolaan sampah plastik menjadi barang yang ramah lingkungan kepada masyarakat. Tidak hanya lingkungkan menjadi bersih, tapi kita membantu masyarakat mengelola sampah menjadi barang yang dapat dijual kembali sehingga menguntungkan bagi masyarakat dan diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.” Ujarnya.

Kegiatan diakhiri dengan melakukan kunjungan kegiatan masyarakat yang berada di Kelurahan Tidar dan Kelurahan Lembang. Masyarakat Kelurahan Tidar sangat antusias memperkenalkan program “Kampung Ilmu” yaitu program mendidik masyarakat untuk mengenal produk kreatif tetapi bermanfaat seperti menanam tanaman hidroponik, dll. Dilanjutkan pengamatan di Kelurahan Lembang, masyarakat Kelurahan Lembang menghadapi permasalahan air bersih karena tinggal di bantaran sungai. Sehingga diharapkan masyarakat adanya bantuan Universitas Budi luhur untuk membuatkan sumur bor untuk masyarakat umum. Sehingga, masyarakat dalam beraktifitas kesehariannya dapat menggunakan air bersih. (Penulis: Salsabilla)

***