Universitas Budi Luhur Hadirkan Transportasi Ramah Lingkungan Dalam Lokakarya UI GreenMetric untuk Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wilayah III 2020

Universitas Budi Luhur Hadirkan Transportasi Ramah Lingkungan Dalam Lokakarya UI GreenMetric untuk Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wilayah III 2020

Jakarta, 09 Juli 2020 Rektor Universitas Budi Luhur Dr.Ir. Wendi Usino, M.Sc., MM menghadari seminar “Lokakarya UI GreenMetric untuk Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wilayah III 2020” secara virtual. Acara yang diselenggarakan oleh IPMI dan UI GreenMetric dengan mengahadirkan pembicara di antaranya, Prof. Dr. Ir. Tommy Ilyas, M. Eng selaku Staf Ahli UI GreenMetric Universitas Indonesia, Dr. Eko Adi Prasetyanto selaku Wakil Rektor Bidang Penelitian dan kerjasama Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt selaku Rektor Univesitas Pancasila, Andrey Andoko M.Sc selaku Rektor Universitas Multimedia Nusantara, Dr.Ir. Wendi Usino, M.Sc., MM selaku Rektor Universitas Budi Luhur, dan Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt selaku Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama Universitas Nasional.

Mobil Listrik karya Anak Bangsa Universitas Budi Luhur dengan Institut Teknologi Sepuluh September

Dalam seminar virtual ini turut dihadiri oleh Ketua Sekolah Tinggi Manajemen IPMI yakni Prof. Ir. M. Aman Wirakartakusumah., M.Sc., Ph.D, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M selaku Ketua UI GreenMetric World University Rangkings dan Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc selaku Kepala LLDIKTI Wilayah III dan diikuti oleh 112 peserta. Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M mengakatakan bahwa Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wilayah III termasuk Perguruan Tinggi terbaik, “Universitas – Universitas Jakarta di LLDIKTI wilyah III ini adalah Universitas terbaik di Indonesia dari segi penyiapan SDM yang dapat mengubah Indonesia.” Tuturnya.

Motor Listrik Cev 01 hasil Karya Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Budi Luhur (UBL) dengan dosen UBL

GreenMetric merupakan program peringkat kelas dunia berdasarkan aspek hijau kampus, yang meliputi lingkungan kampus (pengaturan dan infrastruktur) energi, pengelolaan limbah, air, transportasi dan pendidikan.
Universitas Budi Luhur (UBL) salah satu Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wilayah III yang berkomitmen untuk menerapkan nilai-nilai Kebudiluhuran salah satunya mengenai lingkungan hidup. Dengan berlandaskan teknologi dan mampu membawa dampak besar bagi masyarakat, termasuk dalam isu lingkungan hidup.

Terbukti dengan upaya yang dilakukan dalam mengelola transportasi di kampus UBL yang bertujuan untuk menekan populasi udara dalam rangka dunia semakin hijau.
“Budi luhur membentuk sebuah pusat studi kendaraan listrik yang di awali dengan kerjasama UBL dan ITS yang menghasilkan sebuah mobil listrik yang bernama BLTIS ( Budi Luhur – ITS) yang sudah diuji coba dikendarai dari Surabaya sampe Aceh.” Jelas Dr.Ir. Wendi Usino, M/Sc., MM selaku Rektor Universitas Budi Luhur.

Pusat studi kendaraan listrik didirikan untuk membuat kendaraan listrik dengan zero emision, agar dapat mengurangi polusi udara di Jakarta dan sudah mengahasilkan 3 prototype kendaraan listrik yaitu: Neo Blitz, BL EC- 40, BL CEV01

Motor Listrik Flat Track hasil karya yang berkolaborasi antara Katros Garage dengan Universitas Budi Luhur

Neo Blitz merupakan bentuk kolaborasi Universitas Budi Luhur dengan LIPI. Mobil listrik yang didesain khusus untuk offroad dengan kapasitas motor 20 KW, kapasitas baterai 72 Vlot, 70 kWh dengan daya angkut 2 orang, kecepatan maks 110 km/jam, dan jarak tempuh maksimal 250 km dengan waktu pengecasan 10 sd 12 jam.

kolaborasi UBL dengan Kartos Garage menghasilkan Budi Luhur 40 Electric Motorcycle (BL EC – 40) dengan kapasitas motor 9500 watt, kapasitas baterai 15 kWh dengan daya angkut maksimal 200 kg dapat menempuh kecepatan hingga 180 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 160 km, waktu charging 1 sd 6 jam.

Budi Luhur Cargo Electric Vehicle (BL CEV01) yang memang didesain untuk membawa barang karena kapasitasntya besar dengan daya angkut maksimal 150 kg, nantinya motor ini disumbangkan untuk masyarakat Indonesia.
Selain itu UBL juga telah berencana untuk membuat motor listrik yang bekerjasama dengan MIGO dan menyediakannya sebagai center atau halte yang berguna untuk pengguna transjakarta atau mahasiswa UBL untuk pergi ke sekitar kampus Budi Luhur, dengan menggunakan kendaraan listrik ini.

WhatsApp chat