Universitas Budi Luhur Berhasil Memenangkan Hibah Detasering 2020 dari Direktorat Sumber Daya Dirjen Dikti Kemendikbud

Universitas Budi Luhur Berhasil Memenangkan Hibah Detasering 2020 dari Direktorat Sumber Daya Dirjen Dikti Kemendikbud

Jakarta, 05 Oktober 2020 – Universitas Budi Luhur telah melaksanakan acara pembukaan pelaksanaan program Hibah Detasering 2020. Pembukaan program ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M pada pukul 10:00 WIB melalui zoom meeting, yang dihadiri oleh seluruh detaser (narasumber) dari 4 Perguruan Tinggi berbeda.

Acara pembukaan program Hibah Detasering 2020 melalui Zoom meeting

Berdasarkan pengumuman hasil seleksi Pertisas (Perguruan Tinggi Sasaran) program Detasering tahun 2020 yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebanyak 27 Perguruan Tinggi berhasil lolos menerima hibah Detasering, salah satunya yakni Universitas Budi Luhur.

Detasering atau “pengumandahan” adalah penempatan pegawai untuk bertugas di suatu tempat dalam jangka waktu tertentu. Tujuan diadakannya program Detasering ini yaitu Detaser yang berasal dari Perguruan Tinggi Sumber (Pertisum) untuk memberikan pengetahuan ke Perguruan Tinggi Sasaran (Pertisas) yang membutuhkan bimbingan  dalam hal penelitian serta meningkatkan kualitas pembelajaran dan bahan ajar mata kuliah.

Universitas Budi Luhur akan melaksanakan dua program utama hibah Detasering 2020 dengan tujuh kegiatan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Program Pengelolaan Jurnal Ilmiah – Menginisasi penerbitan jurnal ilmiah Dr. Diana Purwitasari, S.Kom., M.Sc dari Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya (ITS)
  2. Program Pengelolaan Jurnal Ilmiah – Pendampingan untuk pengajuan akreditasi jurnal yang diusulkan oleh Dr. Diana Purwitasari, S.Kom., M.Sc dari Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya (ITS)
  3. Program Pengelolaan Jurnal Ilmiah – Pelatihan penggunaan open journal system untuk pengelolaan jurnal yang diusulkan oleh Hadion Wijoyo, SE.,SH.,S.Sos.,MH.,MM.,Ak dari (STMIK Dharmapala Riau)
  4. Program Pengelolaan Jurnal Ilmiah – Pendampingan untuk indeksasi jurnal (misalnya DOAJ, ACI) diusulkan oleh Syafii, S.T.,M.T.,Ph.D dari (Universitas Andalas)
  5. Program Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Penelitian – Pelatihan dan pendampingan penulisan karya ilmiah diusulkan oleh Dr. Diana Purwitasari, S.Kom., M.Sc dari Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya (ITS)
  6. Program Pembelajaran – Pelatihan pembuatan materi pembelajaran daring (video, dll) diusulkan oleh Hadion Wijoyo, SE.,SH.,S.Sos.,MH.,MM.,Ak (STMIK Dharmapala Riau)
  7. Program Pembelajaran – Pelatihan metode pembelajaran (SCL,PBL, Blended Learning, Flipped learning, dll) dan evaluasi pembelajaran diusulkan oleh Prof. Dr. Sudarmin, M. Si dari (Universitas Negeri Semarang).

Pelaksanaan kegiatan Detasering tersebut akan dimulai pada Oktober hingga November 2020.

Dr. Ir. Wendi Usino, M.sc., M.M selaku Rektor Universitas Budi Luhur menyatakan bahwa ini merupakan sebuah pengalaman berharga bagi kampus Budi Luhur.

“Allhamdulilah Universitas Budi Luhur berhasil menerima hibah Detasering 2020, ini merupakan sebuah kesempatan untuk mendapatkan pembelajaran dan pengalaman yang berharga, berkenaan dengan peningkatan pengelolaan jurnal dan pengelolaan pembelajaran, mudah-mudahan dengan adanya program ini dapat meningkatkan prestasi Budi Luhur.” Kata Rektor.

Selamat untuk Universitas Budi Luhur (UBL) sudah berhasil mendapat Hibah Pertisas untuk peningkatan Proses Pembelajaran dan Pengelolaan Jurnal. Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan dapat diikuti oleh segenap civitas akademika Universitas Budi Luhur.

 

 

 

WhatsApp chat