[:id]Universitas Budi Luhur bekerjasama dengan Educational Services for Cyber Security, Belanda, Mengadakan workshop Cyber Security[:]

[:id]Universitas Budi Luhur bekerjasama dengan Educational Services for Cyber Security, Belanda, Mengadakan workshop Cyber Security[:]

[:id]Universitas Budi Luhur untuk kali kedua menggadakan Workshop Cyber Security bekerjasama dengan Educational Services for Cyber Security, Belanda. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pertama, yang diselenggarakan dari tanggal 17 sampai 21 September 2018, bertempat di Laboratorium Riset (Unit 6, Lantai 1). Kegiatan tersebut diikuti lebih kurang 25 Mahasiswa Magister Ilmu Komputer dan dosen Fakultas Teknologi Informasi.

Dalam sambutan pembukaan, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM selaku Deputi Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Mr. Leo van Koppen selaku pembicara dan seluruh peserta. Beliau mengharapkan peserta yang mengikuti kegiatan workshop baik di gelombang pertama maupun kedua ini akan menjadi pioner dalam pengembangan Laboratorium Riset Cyber Security yang tentunya hasil riset-risetnya diharapkan akan membawa nama Universitas Budi Luhur dikenal sebagai Center of Excellence (CoE) di bidang Cyber Security tidak hanya di dalam negeri tetapi juga ditingkat internasional.

 

Dipaparkan juga oleh beliau, bahwa saat ini pasar tenaga kerja di Belanda masih mengalami kekurangan lebih kurang 10 ribu posisi untuk profesi IT, termasuk kebutuhan cukup besar di bidang Cyber Security. Potensi yang besar ini dibidik oleh Universitas Budi Luhur dengan mencoba mengirimkan mahasiswa dan alumni untuk mengisi kekosongan tenaga tersebut. Tahun lalu Universitas Budi Luhur sudah mulai melakukan pendekatan untuk mencoba mengisi kekurangan tenaga kerja tersebut, dengan mengirim dua orang alumni untuk mengikuti program magang selama enam bulan, dan dapat langsung bekerja setelah menyelesaikan program tersebut.

Ke depan Universitas Budi Luhur tidak hanya mengembangkan bidang Cyber Security saja, tetapi juga bidang-bidang lain seperti Big Data. Untuk pengembangan CoE Cyber Security, Universitas Budi Luhur akan menggandeng  Hague University of Applied Sciences, sedangkan untuk pengembangan CoE bidang Big Data, Fontys University of Applied Sciences akan digandeng sebagai partner.

 

Rencana lain ke depan yang akan dilakukan Universitas Budi Luhur untuk lebih meningkatkan minat mahasiswa untuk mengambil bidang Cyber Security dan Big Data adalah dengan merencanakan pembukaan kampus Satellite dan program Dual Degree untuk program Magister yang menggunakan pola dua semester di Indonesia, dua semester di Belanda. Nantinya perkuliahan di Belanda hanya dilakukan di week end (Jumat/Sabtu), sedangkan pada saat week day mahasiswa melakukan magang di perusahaan yang telah ditunjuk oleh pihak universitas. Selain itu rencana untuk membuka program sertifikasi internasional dan kemampuan bahasa juga akan dipersiapkan guna menunjang kompetensi mahasiswa agar dapat bersaing di pasar kerja Belanda atau negara lain. Diharapkan dengan rencana yang sudah disiapkan tersebut, mahasiswa Universtasi Budi Luhur dapat going global ditingkat internasional.

Diakhir sambutannya beliau juga mengajak para peserta untuk lebih bersemangat lagi dalam menggeluti bidang Cyber Security. Diharapkan juga mereka dapat menginformasikan peluang-peluang  tersebut ke mahasiswa Universitas Budi Luhur lainnya.[:]