United Nations Conference: Praktik Diplomasi Mahasiswa Hubungan Internasional Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19

United Nations Conference: Praktik Diplomasi Mahasiswa Hubungan Internasional Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19

Jakarta, 25 Juni 2020, Universitas Budi Luhur telah memyelenggarakan Praktik Diplomasi berupa simulasi konferensi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) atau UN (United Nations) dengan mengangkat tema “United Nations Action to Prevent the Spread of Covid-19”. Simulasi ini dihadiri oleh sekitar 35 delegasi (setingkat menteri), Chairperson, Wakil Chairperson, Sekretaris Chairperson, Sekretaris WHO (World Health Organization), Director General WHO, dan UN Secretary General yang mana semuanya diperankan oleh mahasiswa semester 6 mata kuliah Praktik Diplomasi.
Konferensi ini terdiri dari sambutan WHO dan sekjen UN, kemudian penyampaian country statement mengenai kondisi terkini negara masing-masing dalam menghadapi pandemi, beserta solusi dan saran. Setelah itu dilakukan sesi debat antarnegara, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan final report atau kesimpulan sidang hari ini, lalu konferensi ditutup.

Keseruan United Nations Conference oleh Mahasiswa Fakuktas Ilmu Sosial dan Politik

Dalam simulasi yang diselenggrakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Budi Luhur, untuk mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional dengan mengharuskan semua mahasiswanya berdebat dan menyampaikan statement dari berbagai negara menggunakan bahasa inggris.

Simulasi yang dimulai dari pkl 12:30 – 16:00 WIB melalui Google Meet ini, tentunya bertujuan agar mahasiswa dapat saling memberi dan menerima guna mencapai sikap saling pengertian antara dua negara (bilateral), atau tiga negara (trilateral) atau beberapa negara (multilateral).

WhatsApp chat