Tim Peneliti Universitas Budi Luhur Lakukan Riset Pariwisata, Pertanian dan Teknologi di Nias Barat

Tim Peneliti Universitas Budi Luhur Lakukan Riset Pariwisata, Pertanian dan Teknologi di Nias Barat

Nias Barat, 4 Juni 2021 – Tim Peneliti Universitas Budi Luhur berkunjung ke Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Kunjungan ini rangkaian kerjasama dalam bidang penelitian antara Universitas Budi Luhur dan Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Kedatangan Tim Peneliti Universitas Budi Luhur langsung disambut hangat oleh Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era-Era Hia, MM, M.Si, di ruang Afo Bappeda Nias Barat, Kamis 3 Juni 2021.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menjelaskan maksud dan tujuan kerjasama ini meningkatkan penelitian, pengembangan, pengkajian dan perekayasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menghasilkan inovasi-inovasi dalam perencanaan pembangunan daerah.

Sementara tujuanya, menghasilkan dokumen kajian ilmiah melalui penelitian dan rekomendasi pengembangan pengelolaan pariwisata, pemasaran produk pertanian dan perkebunan, perekayasaan teknologi dan inovasi daerah.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Peneliti Universitas Budi Luhur yang sudah menyepatkan waktu untuk melakukan penelitian di dearahnya.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada Tim Peneliti dari Universitas Budi Luhur yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat untuk melakukan penelitian dan pengembangan di bidang pariwisata, pertanian, perkebunan dan pangan serta bidang teknologi dan inovasi,” ujarnya.

Anggota Tim Peneliti Universitas Budi Luhur, Liza Dwi Ratna Dewi, M.Si mengatakan, kedatangannya bersama tim merupakan kewajiban sebagai dosen untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Jadi Universitas Budi Luhur kerjasama Bappeda Nias Barat dalam membuat rekomendasi master plan Nias Barat. Rekomendasi itu ada 3 bidang, yaitu pertanian, pariwisata dan teknologi inovasi. Harapannya rekomendasi itu untuk membangun Nias Barat. Kita bikin penelitian tujuannya kita untuk Tri Dharma karena masuk kartagroi riset,” jelasnya.

Tim Peneliti Universitas Budi Luhur mengirimkan enam dosen, tiba pada Rabu, 2 Juni 2021. Para tim peneliti ini datang untuk mengambil data-data di lapangan seperti wawancara masyarakat, pelaku industri, dan Dinas Pariwisata Nias Barat.

Sekedar diketahui, Kabupaten Nias Barat memiliki banyak potensi alam khususnya sektor pariwisata. Namun, potensi pariwisata tersebut belum optimal karena kurangnya promosi terhadap destinasi wisata seperti infrastruktur yang kurang memadai, kurangnya fasilitas, sarana dan prasarana.

Di bidang pertanian, saat ini hasil produksi pertanian masih dalam tahap penjualan bahan baku mentah yang mengakibatkan rendahnya pendapatan masyarakat petani. Sehingga tingkat produksi dan produktivitasnya relatif masih rendah dan belum bisa mencapai hasil yang maksimal.

Dalam bidang tekhnologi dan inovasi, diharapkan dapat mendorong kerjasama antar masyarakat, pengguna teknologi dan perguruan tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan mendistribusikan teknologi.

Oleh karena itu, kerjasama ini diharapkan menjadi dasar perbaikan dan pengembangan pariwisata, pertanian dan teknologi dan inovasi. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberi sumbangsih bagi peningkatan kualitas pendidikan dan menawarkan solusi bagi permasalahan masyarakat Kabupaten Nias Barat.

 

WhatsApp chat