Tertarik dengan industri perfilman Indonesia, Yunnan Normal University pilih lakukan studi banding ke Fikom Budi Luhur

Jakarta, 9 Agustus 2019 – Perkembangan industri teknologi membawa pengaruh yang besar bagi pertumbuhan industri media dan perfilman, baik tingkat internasional maupun nasional. Pertumbuhan industri media dan film harus didukung oleh pendidikan yang mempuni mengenai dua sektor tersebut. Industri media dan film juga sebagai program pemerintah yakni dengan mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia. Seperti halnya Fikom Budi Luhur yang selalu konsisten mendukung program pemerintah mengembangkan ekonomi kreatif lewat pendidikan yakni dengan meningkatkan metode pembelajaran yang kreatif di bidang media dan film.

Konsistensi Fikom Budi Luhur inilah yang menjadi alasan Yunnan Normal University melakukan studi banding mengenai industri media dan perfilman di Indonesia pada tanggal 9 Agustus 2019 di ruang Rektorat Universitas Budi Luhur.

Kunjungan ini dilakukan selama dua jam dengan diawali sambutan dan pemberian plakat oleh Plt. Rektor Universitas Budi Luhur yakni Bapak Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc. Adapun pihak Universitas Budi Luhur yang turut hadir yakni Bapak AMB Sunten Z Manurung (Direktur Kerja Sama Universitas Budi Luhur), Ibu Liza Dwi Ratna Dewi, M.Si (Hubungan Masyarakat Universitas Budi Luhur), Ibu Dr. Nawiroh Vera, M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur), Bapak Bintarto Wicaksono, M.Sn (Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur), serta para dosen dan staf Universitas Budi Luhur.

Sedangkan dari Yunnan Normal University mendatangkan Prof. Run Yan Ping (Professor Yunnan Normal University) serta para dosen Yunnan Normal University.

Dr. Nawiroh Vera, M.Si mengatakan “Kami selalu menyambut baik semua instansi baik dari perusahaan atau akadimisi untuk bersama-sama berdiskusi dengan kami. Apalagi diskusi kali ini berkenaan dengan perkembangan industri media dan film di Indonesia, kamipun jadi saling belajar. Kedepannya semoga Yunnan Normal University bisa terus bekerja sama dengan Universitas Budi Luhur”.

 

Prof. Run Yan Ping mengatakan “Kami melakukan diskusi dengan hangat. Saya mengucapkan terima kasih atas penerimaan Universitas Budi Luhur yang sangat baik kepada kami. Kami sangat kagum atas karya dokumenter dan visual yang dimiliki Fikom Budi Luhur. Semoga kedepannya kita bisa bekerja sama dalam bidang yang lebih luas”.

Tim Yunnan Normal University juga turut melihat hasil karya mahasiswa Fikom Budi Luhur dan melakukan kunjungan ke Radio Budi Luhur dan juga Laboratorium Media Komunikasi Universitas Budi Luhur. Selain itu Fikom Budi Luhur dan Yunnan Normal University juga melakukan penandatanganan kerja sama yg ditandatangani oleh Dekan Fikom Budi Luhur dan Professor Yunnan Normal University China.