Semaraknya BLPART 8 Mempersiapkan Akuntan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Semaraknya BLPART 8 Mempersiapkan Akuntan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Jakarta – Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi (Hima FEB) dan Bisnis Universitas Budi Luhur (UBL) menggelar acara tahunan BLPART 8 dengan tema besar “Wondering Accountant For The Glory Revolution pada tanggal 14 -19 Oktober 2019.

Sambutan Rektor Universitas Budi Luhur pada pembukaan acara Wondering Accountant For The Glory Revolutions

Pembukaan acara dihadiri oleh Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM selaku Rektor Universitas Budi Luhur beserta jajaranya Universitas Budi Luhur. Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM dalam sambutannya menyatakan bahwa “era industri 4.0 menuntut kepada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dibidangnya serta menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Dengan adanya seminar yang bertemakan “Wondering Accountant For The Glory Revolution” diharapkan para mahasiswa dapat memahami dan menerima wawasan yang lebih luas dalam menghadapi  revolusi industri 4.0 ” ujarNya.

Pada hari pertama, acara diawali dengan seminar yang mengusung tema “The Impact Of The Industrial revolution Accountant 4.0” mengundang dua pembicara yaitu Muhammad Ismail S.E, S. Kom, M.M (CEO PT ZahirInternasional) dan Melvin Mumpuni ST, MBA, CFP, QWP (CEO Financialku). Revolusi industry memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk berinovasi. Revolusi yang fokus pada perkembangan ekonomi digital dinilai menguntungkan bagi Indonesia. Perkembangan ekonomi digital adalah pasar dan bakat, dan Indonesia memilih keduanya. Dalam menghadapi revolusi industri 4.0, akuntan harus mampu bersaing dengan teknologi yang semakin canggih, harus beradaptasi dengan meningkatkan keahlian, wawasan dan terbuka terhadap perubahan serta mempertahankan nilai dan estetika yang baik untuk berkontribusi dalam menghadapi revolusi industry 4.0 yang sudah terjadi sekarang ini.

Dr. Amir Indrabudiman, SE, MM selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Dr. Dewi Murtiningsih, S.Kh.,MM selaku Ketua Program Studi Manajemen menyerahkan hadiah untuk pemenang lomba Accounting Smart Competition dan National Essay Competition.

Pada hari kedua, diadakanya perlombaan “Accounting Smart Competition” yang diikuti oleh siswa SMA/SMK se-Jabodetabek. Acara tersebut berlangsung hingga hari ketiga yang bertempat di Auditorium Univertas Budi Luhur. Bersamaan dengan acara “National Essay Competition” dengan mengangkat tema “Membangun Etika dan Integritas Profesi Akuntansi di Era Digital” di Laboratorium Pasar Modal./ Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa perguruan tinggi bergengsi yaitu Universitas Khatolik Parahyangan, Universitas Airlangga, Universitas Muhammadiyah Surakarta, STIE Bisnis Indonesia, Universitas International Batam, dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Seluruh rangkaian acara tersebut ditutup dengan Gala Dinner Himanian Night yang bertemakan “Marvelous”. Acara ini dihadiri oleh beserta keluarga besar Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBL beserta tamu undangan. Kemeriahan acara menjadi bertambah dengan adanya perform dari Guest Star Agung Akhdani dan Villa Sebelah berlangsung serta penampilan drama theater dari SMK Negeri 18 Jakarta.

Workshop bertemakan “Be A Professional Accountant In The Development Of The Industrial Revolution ” di hari keempat yang berlokasikan di Gedung Theater Universitas Budi Luhur Unit 6 dengan. Indra Sri Widodo S.E., AK, M. Ak, CPA, CA (Deputy Manajer Partner at BDO Indonesia) selaku pembicara menjelaskan “bagaimana menjadi seorang akuntan yang professional dan bertanggung jawab serta dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan secara efisien pada era revolusi industri 4.0” Ujarnya di Universitas Budi Luhur.

Penutupan rangkaian acara BLPART 8, mengadakan charity yang bertajuk “Sharing Happiness to Other by Giving Ours” di Yayasan Bina Anak Pertiwi di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan sebagai wadah aspirasi dan kepedulian social serta membangun rasa peduli mahasiswa dan masyarakat terhadap sesame manusia. (Penulis: Shintia, Editor: Salsabilla)