Para Dosen Peneliti Universitas Budi Luhur Siap Terjun Ke Kepulauan Nias Barat untuk Hibah Penelitian

Para Dosen Peneliti Universitas Budi Luhur Siap Terjun Ke Kepulauan Nias Barat untuk Hibah Penelitian

Jakarta, 31 Mei 2021 – Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino M.Sc., M.M dan Ketua Yayasan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro, MBA memberikan pengarahan kepada para dosen yang akan terjun langsung ke Kepulauan Nias Barat untuk melakukan penelitian mulai 2-5 Juni 2021 di Ruang Rektorat Universitas Budi Luhur. Universitas Budi Luhur dengan pemerintah Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara berkolaborasi dalam bidang penelitian. Hal tersebut tertuang dalam Nomor: A/UBL/REK/000/052/06/2020 dan Nomor: 050/31/Bappeda/2020 tanggal 1 Juni 2020 tentang kerja sama dalam Tri Dharma perguruan Tinggi.

Hibah penelitian ini merupakan komitmen Budi Luhur dalam meningkatkan mutu pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kolaborasi hibah penelitian ini terdapat dua macam, yaitu pertanian (perkebunan dan pangan) dan pariwisata (pengembangan dan perekayasaan di bidang teknologi dan inovasi).

Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro, MBA mendukung penuh kolaborasi penelitian dengan Pemerintah Kabupaten Nias Barat. Menurutnya, sebagai dosen wajib melakukan penelitian yang tak hanya mengajar. Oleh karena itu, ia berharap kedepannya dosen Budi Luhur ikut berperan aktif di internasional.

“Dosen itu harus dosen meneliti. Tidak hanya dosen saja. Padahal sebelumnya, beberapa waktu lalu Budi Luhur juga berpartisipasi di kawasan ASEAN. Karena ASEAN Single Identitiy. Di Indonesia kurang gregetnya tentang Single Identity karena kita merasa negara yang besar ngapain ngurus keluar. Jadi mereka yang ke sini,” ujar Kasih di Gedung Rektorat Universitas Budi Luhur, Senin 31 Mei 2021.

“Maka sempat beberapa tahun lalu kita sambangi universitas di Laos dan Vietnam. Mereka kaget kita datang ke universitas Laos karena enggak ada yang mau. Lucunya kita ASEAN susah bersatu,” tambahnya.

Sementara, Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM berharap para dosen melakukan penelitian dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas atau disingkat KECIL.

Senada dengan itu, Koordinator Lapangan Tim Teknologi dan Inovasi Gunawan Pria Utama, M.Kom mengajak tim hibah penelitian untuk melaksanakan amanah Rektor.

“Kita berangkat ke sana dengan mindset kita penelitian. Ya ujung-ujungnya harus tuntas itu kata Pak Rektor. Kita harus ikhlas itu yang paling utama dan peneliti ini anggap untuk ikhlas. Mudah-mudahan dimudahkan karena niat kita baik,” katanya.

Budi Luhur sudah mempersiapkan dan membentuk panitia tim peneliti pelaksanaan kegiatan hibah penelitian yang terdiri dari para dosen di Fakultas Teknologi dan Informasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Ilmu Komunikasi. Diharapkan hibah penelitian ini dapat memberi sumbangsih besar di bidang pendidikan.

WhatsApp chat