Home » Public Relations

Public Relations

PUBLIC RELATIONS (HUBUNGAN MASYARAKAT)

Peminatan Public relations dibuka untuk mahasiswa yang berminat pada bidang komunikasi  hubungan masyarakat. Peminatan ini diharpkan dapat menghasilkan lulusan public relations yang memiliki kemampuan pofesional dan ahli dalam menciptakan “Startegic Public Relations” untuk menjembatani hubungan antara internal dan ekternal lembaga/organisiasi/perusahaan dan pemerintahan yang didukung oleh keilmuan komunikasi dan kempuan digitalisasi, presentasi lobi dan negoisasi, corporate sosial responbility, manajemen krisis, PR Politik dan keilmuan lain yang berkaitan dengan bidang public relations sesuai dengan kebutuhan dunia kerja profesional yang  Siap Kreatif dan Inovatif dalam era MEA serta menunju Visi dan Misi Fikom Budiluhur ditahun 2020

Prospek karir lulusan public relations yaitu:

Profil Profesi Deskripsi Profil
Public Relations Program 1. Mampu memahami public relations politics.
2. Mampu memahami corporate social responsibility.
3. Mampu memahami manajemen krisis.
4. Mampu memahami marketing public relations.
5. Mampu memahami tentang riset public relations.
PR Digital 1. Mampu Memahami dan Menguasai konten publikasi Website (PR Swasta atau PR Pemerintah)

2. Mampu Memahami dan Menguasai konten publikasi Media Sosial seperti FB, TW, IG, Youtube

3. Mampu Memahami dan Menguasai konten Website terdapat TV/Radio Internal (Seperti TV Parlemen dikelola oleh humas DPR/MPR, TV Polri dikelola oleh Humas Polri)

4. Mampu Memahami dan Menguasai Opini Publik dari User ID (publik ekternal dan Internal) di Website dan Media Sosial melalui metode riset kuantitatif dan kualitatif

PR Consultant 1. Memahami 5 W 1 H Public Relation
2. Memiliki kreatifitas dan kemampuan mencari dan memiliki akses informasi
3. Melakukan riset opini publik, reputasi lembaga untuk membangun goodwill.
4. Mampu melakukan perencanaan hingga evaluasi pasca produksi media-media PR baik untuk media cetak maupun elekronik berdasarkan analisis kebutuhan dan pemetaan stakeholders.
5. Mampu memetakan dan menganalisis dan menginterpretasikan potensi publik dan permasalahannya dalam upaya menyelesaikan krisis komunikasi di publik internal dan eksternal
Protokoler 1. Memahami etika dan etiket berkomunikasi lisan dan tulisan dalam pergaulan profesional di dunia nyata maupun dunia cyber.
2. Memahami dan mempraktekkan aturan pergaulan dan aturan protokoler bisnis internasional maupun kenegaraan (UU RI No 9 th 2010).
3. Memiliki keterampilan dasar komunikasi yang ditunjang oleh kemampuan human relations, persuasi dan negosiasi dalam menangani berbagai masalah komunikasi serta membangun relasi dengan berbagai bidang profesi dan institusi secara cerdas berbudi luhur.
4. Memahami dan menguasai Retorika, Public Speaking
Government PR 1. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menguasai konten humas pemerintah (Tugas dan Ruang Lingkup Humas Pemerintah) baik nasisonal maupun daerah, serta humas Polri dan TNI (Tugas dan Ruang Lingkup Humas Polri dan TNI)
2. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menguasai Organisasi Humas Pemerintah dan memahami Publik, Stakeholder, dan Sasaran Humas Pemerintah humas Polri dan TNI (Tugas dan Ruang Lingkup Humas Polri dan TNI)
3. Mengusai Media Relations Humas Pemerintah dan Mengusai Kode Etik Humas Pemerintah
Media Relations 1. Lulusan dapat memahami tentang fungsi media relations
2. Lulusan diharapkan mampu melakukan strategi media relations seperti penanganan relasi, pengelolaan strategi serta pengembangan jaringan media
3. Lulusan mampu menangani krisis, kampanye PR melalui media.
4. Lulusan harus dapat memahami karakteristik media, kekuatan media, cara kerja dengan media serta bersinergi dengan awak media. Lulusan harus dapat memahami karakteristik media, kekuatan media, cara kerja dengan media serta bersinergi dengan awak media
5. Lulusan harus dapat memahami kode etik media
6. Lulusan PR mampu memahami perkembangan media serta praktik PR di media baru
7. Lulusan PR mampu melakukan publisitas, penulisan siaran pers, pengiriman siaran pers.
8. Lulusan PR mampu melakukan persiapan Konferensi Pers, pelaksanaan konferensi pers serta evaluasi konferensi pers
9. Lulusan PR mampu melakukan pengelolaan media internal, mengetahui teknik pengumpulan bahan berita serta teknik penulisan berita
10. Lulusan PR mampu mengetahui teknik dasar design media internal serta layout media internal.
11. Lulusan PR mampu melakukan publikasi baik konvensional maupun digital
Event Organizer 1. Lulusan mampu memahami ruang lingkup Public Relations dan Manajemen PR.
2. Lulusan mengetahui jenis-jenis event , mengetahui perencanaan, penyelenggaraan serta evaluasi event.
3. Lulusan mampu melakukan analisis SWOT.
4. Lulusan mampu melakukan teknik Promosi event.
5. Lulusan mampu melakukan teknik lobby dan negosiasi baik di lini pemerintah, community service maupun stakeholders.
6. Lulusan mampu bekerja dalam tim, kepemimpinan dalam penyelenggaraan event
7. Lulusan mampu melakukan publisitas pasca event dan hubungan baik dengan media.

PR Fikom Universitas Budi Luhur berkerjasama dengan Lembaga Pemerintahan, N-GO (No- Goverment  Asosiation), Industri dan organisasi, Asosiasi dibidang PR seperti PERHUMAS, PERHUMAS MUDA, Asosiasi MC Indonesia, Mayora, PR Indonesia.

Untuk Informasi lebih lanjut kunjungi website: http://fikom.budiluhur.ac.id