Program “Kuliah Membangun Desa” bersama FIKOM Universitas Budi Luhur di Desa Wedomartani & Desa Girikerto, Sleman, DIY

Program “Kuliah Membangun Desa” bersama FIKOM Universitas Budi Luhur di Desa Wedomartani & Desa Girikerto, Sleman, DIY

Yogyakarta, 3 Juni 2021. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur melakukan kunjungan penjajakan kerjasama ke Desa Wedomartani & Desa Girikerto, Sleman Yogyakarta, yang sudah ditetapkan sebagai Desa Mandiri Wisata dan Desa Mandiri Budaya, pada Kamis, 3 Juni 2021 mengenai kerjasama “Program Kuliah Membangun Desa”.


Kunjungan di dua desa ini dihadiri oleh Kaprodi Ilkom Bintarto Wicaksono, M.Sn., Kepala Konsentrasi PR & Pariwisata Doddy Wihardi, M.I.Kom., Kepala Sekretariat Rini Lestari, M.I.Kom., Staff Khusus Kerjasama & Promosi Arbi Cristional Lokananta, M.I.Kom., Tim Sekretariat Taqwa Putra Budi Purnomo Sidi, M.M., Lurah desa Wedomartani H. Teguh Budiyanto, Carik desa Wedomartani R. Rohmad Gunawan Hardono, S.Pd., Lurah desa Girikerto, H. Sudibya, S.Pd., dan Carik desa Girikerto, Krisna Cahyana, S.H. Hasil dari kunjungan ini, yaitu dengan disepakatinya MOU & PKS Desa Wedomartani dan Desa Girikerto sebagai mitra dalam Program Membangun Desa, Kurikulum Merdeka Universitas Budi Luhur.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas Budi Luhur yang telah memilih desa Wedomartani untuk bekerja sama membantu kami dalam membangun desa digital,” ujar H. Teguh Budiyanto selaku Lurah Desa Wedomartani, Sleman.


Pembelajaran dalam Ilmu Komunikasi Siap Merdeka akan mampu memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa. Selain itu mampu mengembangkan kemandirian dalam mendapatkan dan menemukan pengetahuan dan dinamika di lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kerja, target dan pencapaiannya.

“Kerjasama ini sangat bagus sekali, karena desa kami membutuhkan masterplan untuk mewujudkan desa wisata & desa budaya berbasis digital. Mahasiswa dari Universitas Budi Luhur sangat bisa membantu kami dalam hal tersebut,” ujar H. Sudibya, S.Pd selaku Lurah Desa Girikerto, Sleman.


Melalui program Ilmu Komunikasi Siap Merdeka yang dirancang serta diimplementasikan dengan baik, maka hard skills dan soft skills mahasiswa akan terbentuk dengan seimbang.

Program Ilmu Komunikasi Siap Merdeka diharapkan dapat menjawab tantangan kepada Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur dalam menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan jaman, kemajuan IPTEK, kebutuhan dunia usaha dan dunia industri serta masyarakat.

WhatsApp chat