•  

Universitas Budi Luhur

Pidato Wisuda 2016 September - Universitas Budi Luhur

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, hidayah dan karunia-Nya kepada kita, sehingga pada hari ini kita dapat hadir di tempat yang penuh kebahagiaan ini dalam keadaan sehat wal’afiat untuk menghadiri acara wisuda Magister, Sarjana dan Ahli Madya Universitas Budi Luhurdan Akademi Sekretari Budi Luhur periode September 2016.

Hadirin yang kami muliakan,

Dalam kesempatan yang penuh kebahagiaan ini perkenankanlah kami atas nama Pimpinan dan Senat Universitas Budi Luhur beserta seluruh Civitas Akademika serta Keluarga Besar UniversitasBudi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur dengan rasa syukur dan bahagia menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Wisudawan/Wisudawati, atas kesuksesan yang telah Saudara/Saudari raih setelah menempuh pendidikan di kampus yang kita cintai dan banggakan ini. Ucapan selamat kami sampaikan pula kepada para orang tua dan wali Wisudawan/Wisudawati, atas keberhasilannya mengantarkan putra/putrinya mencapai keberhasilan dalam menempuh pendidikan tinggi di Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur.

Wisudawan/Wisudawati yang berbahagia,

Setelah Saudara/Saudari mengikuti proses pendidikan di Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhurdan telah memenuhi ketentuan dan persyaratan yang berlaku, secara resmi Saudara/Saudari dinyatakan telah menyelesaikan pendidikan tinggi di Universitas Budi Luhur atau Akademi Sekretari Budi Luhur pada jenjang pendidikan yang Saudara/Saudari tempuh.

Selama Saudara/Saudari menempuh pendidikan tinggi di kampus yang kita cintai ini, Saudara/Saudari telah memperoleh dan menyerap banyak ilmu, bekal dan pengalaman, baik dalam kegiatan kurikuler, co-kurikuler, dan extra kurikuler. Kami berharap  ilmu, bekal dan pengalaman yang telah Saudara/Saudari perolehdan serap selama menempuh pendidikan di Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur benar-benar dapat Saudara/Saudari amalkan dan kembangkan di jalan yang benar dan bermanfaat, sesuai dengan filosofi kecerdasan dan kebudiluhuran. Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur sangat mengharapkan Saudara/Saudari tetap memiliki komitmen yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya, serta senantiasa menjunjung tinggi almamater Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur. Selanjutnya, kami ingin menyampaikan bahwa alumni merupakan pilar penting dalam pengembangan perguruan tinggi, oleh karena itu peran Saudara/Saudari terhadap pengembangan Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur sangat kami harapkan.

Dengan kelulusan Saudara/Saudari dari jenjang pendidikan tinggi, insya Allah akan membuka kesempatan bagi Saudara/Saudari berada pada posisi sosial dan ekonomi yang lebih baik. Hal ini perlu diimbangi dengan tanggung jawab dan kerja nyata sebagai perwujudan rasa syukur atas terbukanya kesempatan yang lebih baik tersebut. Kami mengajak Saudara/Saudari para Wisudawan/Wisudawati, dengan kecerdasan dan kebudiluhuran marilah kitatingkatkan kreatifitas, inovasi, dan entrepreneurship kita, untuk membangun negeri, mensejahterakan umat, dan mewujudkan kejayaan bangsa.

Era yang kita hadapi sekarang ini adalah era kompetisi tanpa meninggalkan kebersamaan. Marilah kita hadapi era kompetisi ini dengan kompetensi dan karakter yang kuat, dengan tetap berpegang pada filosofi kecerdasan dan kebudiluhuran. Kita akan mempunyai kemampuan yang tinggi dalam berkompetisi apabila kita memiliki kecerdasan dan kesehatan yang baik pada otak kita, hati kita, rasa dan karsa kita,serta raga kita. Salah satu jalan agar kita kuat dalam berkompetisi ialah jauhi penyalahgunaan Narkoba.

Ibu, Bapak dan hadirin yang kami hormati,

Kepada Ibu, Bapak orang tua/wali Wisudawan/Wisudawati ijinkan kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kepercayaan yang telah Bapak dan Ibu berikan kepada kami, serta atas kerjasamanya selama ini dalam mendidik putra/putri Ibu dan Bapak. Kepada semua pihak yang telah berperan dengan baik, sehingga dapat mengantarkan Wisudawan/Wisudawati mencapai keberhasilannya kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi. Semoga kepercayaan dan kerjasama ini dapat terus terjalin, semakin baik, berkembang dan kuat.

Hadirin yang terhormat,

Dalam menjalankan tugas, peran dan fungsinya sebagai perguruan tinggi, serta untuk mewujudkan visi menjadi perguruan tinggi unggul yang dilandasi kecerdasan dan kebudiluhuran, pengembangan dan peningkatan terus-menerus kami lakukan, dengan tetap berpegang pada prinsip: jujur, berintegritas, dan taat azas.

Ijinkan pada kesempatan yang berbahagia ini kami menyampaikan informasi beberapa pengembangan dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur selama rentang waktu Mei 2016 – September 2016 :

  1. Kuliah Umum dengan tema “Menggali Nilai-nilai Kebudiluhuran” oleh Ketua Badan Pengurus Harian Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Bapak Kasih Hanggoro, MBA,
  2. Kuliah Umum bagi mahasiswa Program Pascasarjana oleh CEO Indosat Ooredoo, Bapak Alexander Rusli, Ph.D,
  3. Kuliah Umum bagi mahasiswa Program Pascasarjana oleh Direktur MM Universitas Indonesia, Bapak Harryadin Mahardika, MM, Ph.D,
  4. Dosen Universitas Budi Luhur menjadi salah satu Delegasi Republik Indonesia (Delri) dalam Sixth Biennial Meeting of States on the Programme of Action (BMS6) di Markas Besar PBB di New York,
  5. Bedah Buku berjudul “Entrepreneurship at the Bottom of the Pyramid” karya Dr. Marcello Tonellidari Queensland University of Technology,
  6. Junior Short Diplomatic Course 2016, dengan tema Simulation of Bali Democracy Forum (BDF) Ke-8,
  7. Pelatihan Kewirausahaan dan Bantuan Buku Paket Ketrampilan kepada Karang Taruna di Kelurahan Menteng Tenggulun, Jakarta Pusat,
  8. Penyelenggaraan Budi Luhur Tari Tradisional Competition 2016,
  9. Bedah Buku Prof. Vedi R. Hadiz (University of Melbourne), Islamic Populism in Indonesia & the Middle East,
  10. Forum diskusi ilmiah dengan tema Peran Riset dalam Komunikasi Pariwisata,
  11. Pelaksanaan Tes Narkoba sebagai syarat bagi mahasiswa yang akan mengambil program Kuliah Kerja Praktek,
  12. Orientasi Pendidikan dan Inaugurasi Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2016 – 2017,
  13. Penerimaan 12 Mahasiswa Program Beasiswa Nusantara dari Kalimantan Tengah & Kalimantan Barat,
  14. Penerimaan Mahasiswa Beasiswa Akademik, Atlet dan Tidak Mampu dari masyarakat sekitar,
  15. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dengan tema “Industri Kreatif Untuk Pembangunan & Daya Saing Bangsa”,
  16. Pemberian Santunan Ramadhan dan Bakti Sosial Ramadhan untuk 350 anak yatim dan Duafa,
  17. Penanaman Pohon dan Penataan Kawasan Wisata Edupark di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,

 

Hadirin yang kami muliakan,

Pada periode Mei 2016 hingga September 2016 Universitas Budi Luhur telah meraih prestasi/kepercayaan berupa:

  1. Penyematan PIN kepada Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D (selaku Ketua Umum DPP Artipena) oleh Bapak Presiden RI, pada Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) sebagai penggiat P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba)
  2. Pelaksanaan Program Hibah Bina Desa 2016 dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan judul program “Peran Serta Masyarakat Dalam Menciptakan Desa Bebas Narkoba Menuju Masyarakat Yang Berpendidikan dan Kreatif, di Desa Tegalwangi, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, selama satu bulan,
  3. Kerjasama dengan Universitas Osaka Jepang dalam mengaplikasikan Mobile Cared Pantau Bencana dan Kejahatan,
  4. Program Volunteer Abroad 2016 bekerjasama dengan School of Global Japanese Studies (SGJS) Meiji University, Tokyo,
  5. Program Internship dan Student Exchange bekerja sama dengan HZ University, Belanda,
  6. Kerjasama Universitas Budi Luhur dengan Pemda Jakarta Barat, KSM Nyiur, dan Tim Peduli Kamal dengan kegiatan berupa Bedah Rumah dan Pemasangan Panel Surya, serta Sanggar Seni Budaya Nyiur-Budi Luhur,
  7. Pendampingan tujuh Koperasi Serba Usaha Budi Luhur Mandiri (KSUBM) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah,
  8. Studi Banding Dinas Pekerjaan Umum Tasikmalaya ke Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Budi Luhur dan Daerah Kamal Jakarta Barat dalam rangka Program Menghilangkan Pemukiman Kumuh Tanpa Menggusur,
  9. Hibah peralatan Bank Sampah (Composter, Biogaspher, dan Pencacah Daun) dari BPMPKB JAKARTA kepada Universitas Budi Luhur.

 

Sedangkan dalam periode yang sama, mahasiswa Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur telah menorehkan beberapa prestasi antara lain:

  1. Gold Medal (Juara 1) pada Kejuaraan 7th Silent Karate Cup 2016 di Malaysia,
  2. Juara 1 Lomba Orienteering Tingkat Nasional DITOPADTNI di Wiladatika, Cibubur,
  3. Juara 1 Lomba Indonesia Orienteering Women Series Tingkat Nasional 2016,
  4. Juara 1 Lomba Indonesia Orienteering Man Series Tingkat Nasional 2016,
  5. Juara 1 Lomba National Debating Competition, di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
  6. Juara 1 Seleksi Nasional ERMC (Enterprise Resource Management Chalenge) di Universitas Indonesia,
  7. Juara 1 Kejuaraan Volleyball Putri Atma Jaya Cup 2016,
  8. Juara 1 Budi Luhur Volleyball Competition 2016,
  9. Juara 1 EXPLORER (Expresi Pesona Elok Ratoe Jaroe) UIN Jakarta,
  10. Juara 1 Liga Mahasiswa (LIMA) Futsal Wilayah DKI Jakarta, 2016,
  11. Juara 2 Lead Putri Kejuaraan Panjat Tebing Nasional antar Mahasiswa, Kemenpora Cup 2016,
  12. Juara 2 Lomba Indonesia Orienteering Women Series Tingkat Nasional 2016,
  13. Juara 2 Psychofest UHAMKA Jakarta,
  14. Juara 2 Kejuaraan Futsal di Spartan CUP University 2016,
  15. Juara 2 Kejuaraaan Race “Event Indonesia Track Day Series (ITS)”, di Sentul International Circuit,
  16. Juara 3 Lomba Menulis Blog dengan tema “Perpustakaan Digital Jakarta” dalam Lomba Hari Anak Jakarta Membaca,
  17. Juara 3 Seleksi Nasional ERMC (Enterprise Resource Management Chalence)di Universitas Indonesia,
  18. Juara 3 “Malaysia Orienteering ASEAN CUP” 2016 (mewakili Federasi Orienteering Nasional Indonesia)
  19. Juara 1 Kategori Alternative , Juara 1 Kategori Still Life Umum, Juara 3 Kategori Toys Photography, Juara Harapan 1 Kategori Landscape, dan Juara Harapan 1 Kategori People In the News,pada acara Panorama Awards “Jejak”, di Galeri Foto Jurnalistik Antara Pasar Baru Jakarta,
  20. Juara 3 Gudang Garam International (Intersport),
  21. Juara 3 Kejuaraan Futsal di ASSI Street Soccer,
  22. Mahasiswa Universitas Budi Luhur Menjadi Anggota Tim Nasional Pekan Olah Raga Mahasiswa ASEAN 2016 dalam cabang olah raga bola volley putri.

Wisudawan/wisudawati dan para hadirin yang kami hormati,

Sebelum kami mengakhiri sambutan ini, sekali lagi kami atas nama keluarga besar Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur mengucapkan selamat kepada para Wisudawan/Wisudawati beserta orang tua/wali dan keluarga yang berbahagia. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat,  hidayah dan karunia-Nya kepada kita semua. Amiin.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Jakarta, September 2016

Rektor Universitas Budi Luhur

 

Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D.

WhatsApp chat