Petimati 7 “The Future Existence of Artificial Intelligence In Gaming Evolution

Jakarta, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) mengadakan Pekan Teknologi Informasi Mahasiswa Teknik Informatik (Petimati) dengan tema “The Future Existence Of Artificial Intelligence In Gaming Evaluation”. Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) sejak tahun 2013. Tahun ini petimati masuk tahun ke 7. Acara petimati  sebelumnya telah dilaksanakan yaitu seminar nasional dan workshop, namun tahun ini berbeda dari sebelumnya yang akan mengadakan acara petimati yaitu seminar nasional, workshop, dan lomba-lomba tingkatan SMA SMK sampai Mahasiswa.

Tujuan utama petimati adalah sebagai kegiatan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika untuk mengembangkan aspirasi dari mahasiswa, menciptakan mahasiswa kreatif, aktif, dan berwawasan luas. Acara yang ada pada event ini yaitu acara lomba algoritma agar kita mencoba membuat mahasiswa bisa mampu bersaing dengan kampus luar lainnya. Saat ini kita mencoba mencari mahasiswa yang mempunyai bakat di event tersebut.

Dekan FTI UBL, Dr. Deni Mahdiana dalam pembukaan Petimati

Acara Petimati hari senin sampai jumat dilaksanakan tanggal 11 November 2019 sampai 15 November 2019. Tema acara selama lima hari itu berbeda-beda yaitu hari pertama ada seminar dengan tema (HOW ARTIFICIAL INTELLIGENCE CAN BE A PART OF GAMMING) bertempat di Auditorium Budi Luhur yang jumlah kuotanya ada 500 orang. Hari kedua ada workshop dengan tema (BUILD ARTIFICIAL INTELLIGENCE PROGRAMMING CAPABILITY WITH US) yang jumlah kuotanya ada 32 orang bertempat di Lab Unit 7 Budi Luhur. Lomba-lombanya dengan tema (TECHNOLOGY INNOVATION COMPETITION) mulai dari tingkatan Mahasiswa yang jumlah kuotanya ada 10 tim terdiri 3 orang, sampai tingkatan SMA-SMK itu jumlah kuotanya ada 10 tim terdiri dari 3 orang bertempat di Teater Budi Luhur. Hari terakhir kita akan mengadakan Gala Closing sebagai penutupan acara bertempat di Auditorium Budi Luhur jumlah peserta sekitar 120 orang. Pada acara ini panitia mengundang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dikampus yaitu Kreaktivitas Musik Mahasiswa (KMM), Gema Luhur Choir (GLC), Budi Luhur Dance Club (BLDC).

Untuk Bintang Tamu dalam event ini diambil dari beberapa pembicara bagian deveplover yang dimana salah satunya adalah Sukron Ramadany (CEO Krakatao Studios) Pembicara kedua workshop kita itu ada seorang pendiri guru besar Universtas Indonesia yaitu Prof Wisnu Jatmiko. Lalu untuk lomba- lombanya itu ada seorang Matthew Marcelino dari CTO at Benua Softworks. Kesuksesan acara ini tidak luput dari kerja keras Briyliant Henirwan sebagai ketua penyelenggaran event Petimati.

Antusias mahasiswa Universitas Budi Luhur menghadiri

Awalnya acara ini mengambil tema seputar game, tetapi karena di Teknik Informatika (TI) bakal ada konsentrasi baru tentang Artficial Intelegence (AI) jadi kita cobamempromosikan sekaligus memberi pengenalan tentang AI tersebut. Panitia memilih tema tentang game, karena game yang disebut Electrocis Arts (EA) ini banyak diminati oleh kalangan para muda, yang dimana EA ini banyak menjurus ke evolusi gaming seperti smarthouse atau automation”. Ujar Alif sebagai wakil ketua. (Penulis: Maria, Editor: Liza)