Peran Serta Universitas Budi Luhur Dalam Acara DataSecurAI Summit 2020

Peran Serta Universitas Budi Luhur Dalam Acara DataSecurAI Summit 2020

Universitas Budi Luhur menghadiri acara DataSecurAI Summit terbesar di awal tahun 2020 yang membahas tentang artificial intelligence (AI), Data Analytics, Cyber Security, Clouds & Fintech yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Merak Room, Basement Lower Lobby, Senayan pada 4 Maret 2020.

Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M menghadiri DataSecurAI Summit 2020

Pihak Universitas Budi Luhur yang menghadiri diantaranya Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M selaku Rektor Universitas Budi Luhur; Dr. Goenawan Brotosaputro, S. Kom., M.Sc selaku Deputi Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan; Dr. Mardi Hardjianto, M.Kom selaku Deputi Rektor Bidang Teknologi dan Inovasi;Dr. Deni Mahdiana, S. Kom., M.Kom., M.M., selaku Dekan Fakultas Teknologi Informasi; Amb Sunten Z Manurung SH selaku Direktur Kerja Sama; Dr. Muhammad Syafrullah, M.Kom., M.Sc., selaku Kaprodi Magister Ilmu Komputer

Dr. Rudi Rusdiah, Ketua Asosiasi Big Data & AI (ABDI) sebagai pembuka acara mengungkapkan dalam pidatonya bahwa “Dunia sedang memasuki perubahan global yang sangat besar karena ledakan Internet dan Data dan juga meningkatnya peranan AI (Artificial Intelligent), yang mungkin sangat bermanfaat sekaligus mengganggu, mendisrupsi dan mengubah hidup kita, perusahaan bahkan Pemerintah,” ungkap Dr. Rudi Rusdiah, Ketua Asosiasi Big Data & AI (ABDI).

Penerimaan plakat dari ABDI untuk Universitas Budi Luhur dalam Deklarasi

Universitas Budi Luhur menerima deklarasi awal penulisan buku dengan topik CyberSecurity  dan AI (Artificial Intelligent) yang berkolaborasi dengan BSSN, BRI, BCA, BPPT, GDP Venture, Fortinet, Coqnixy, Rosebay India, Microsoft

Pemaparan Dr. Deni Mahdiana, S. Kom., M.Kom., M.M., Dekan Fakultas Teknologi Informasi terhadap audiens pada kegiatan DataSecurAI Summit 2020

Dr. Deni Mahdiana, S. Kom., M.Kom., M.M., Dekan Fakultas Teknologi Informasi memaparkan kepada audiens dalam diskusi panel “Cloud, Big Data & AI” Dr. Deni Mahdiana, M.kom bahwa Universitas Budi Luhur turut proaktif dalam pemanfaatan Big Data di lingkungan kampus dengan menerapkan digitalisasi dan personalisasi data terkait untuk support kegiatan akademik kampus, Big Data juga menjadi pion penting dalam melakukan pengembangan dan Inovasi Universitas.

Pada sesi tanya jawab, Dr. Deni Mahdiana, M.Kom memberi masukan kepada pemerintah yang dihadiri oleh Bapak Dave Akbarshah Fikarno, M.E (Komisi 1 DPR RI) yakni mengingatkan perlu adanya fungsi perlindungan kepada masyarakat yang dilakukan oleh DPR terkait dengan RUU Perlindungan data Pribadi.

Isu-isu strategis lainnya yang dibahas, adalah RegTech (Regulatory Technology) yang kian menjadi isu krusial terutama didunia Financial dan Monetory Perbankan, dengan gencarnya Digital Transformasi dan Disrupsi di dunia Financial Perbankan, maka dunia Cybercrime juga ikut meningkatkan kemampuan para hackers dan crackers untuk melakukan penetrasi, fraud dan lainnya, sehingga pemerintah dan seluruh regulator juga harus meningkatkan kemampuan di teknologi regulasi dan data governance, meliputi KYC, AML, Perlindungan Data Privacy dan Proteksi Data Entreprise.

Penulis: Cut Farrah, Editor: Salsabilla