Peran Millenial dalam Meningkatkan Potensi Kemaritiman

Jakarta, 29 April 2019 – Universitas Budi Luhur melaksanakan acara seminar Kuliah Umum dan Penandatanganan MoU yang bertempat di ruang teater unit 6 lantai 4. Acara ini berlangsung 3 jam yang dihadiri lebih dari 100 orang peserta ini mengangkat tema “Peran Milenial Dalam Meningkatkan Potensi Kemaritiman”.

Rangkaian acara tersebut juga dihadiri oleh  Deputi Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan;Dr. Ir. Wendi Usino, MSc, MM, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi;Dr. Nawirah Vera, S.Sos., M.Si, dosen-dosen dari fakultas Ilmu Komunikasi, Kepala Bidang Studi, para Staf Universitas Budi Luhur serta akademisi maupun organisasi kemahasiswaan Universitas Budi Luhur. Muhammad Alfansyah, S.Sos., MM., M.I.Kom selaku dosen fakultas ilmu komunikasi di universitas budi luhur sebagai moderator pada seminar kali ini dan juga menghadirkan pembicara Dr. Ivan Yulivan, SE., M.M., CHRMP., M.Tr (Han) selaku Laksana Pertama TNI,  selaku Kepala Dinas Pendidikan TNI AL.

Dalam seminar ini Dr. Ivan Yulivan selaku Laksana Pertama TNI memberikan paparan tentang potensi indonesia dapat menjadi negara maritim, serta potensi ekonomi maritim indonesia sangat besar dan tersebar di seluruh wilayah indonesia, sekitar 7,87 juta jiwa/25,14% total penduduk miskin nasional menggantungkan hidupnya dilaut. Dalam membangun SDM maritim harus mempunyai komitmen dan juga konsisten seperti tujuan, sasaran, cita-cita, keinginan dan juga harapan. Selain pemaparan mengenai potensi-potensu ekonomi,  TNI AL menekankan pentingnya pendidikan karakter bangsa. Diharapakan dengan adanya kerjasama antara pihak TNI AL dengan Universitas Budi Luhur akan meningkatkan kualitas Tridharma khususnya dibidang kemaritiman

Penandatangan MoU oleh Dr. Nawiroh Vera; Dr. Rusdianta selaku pihak Univeritas Budi Luhur dengan Dr. Ivan Yulivan selaku pihak TNI AL.

Pembahasan acara ini juga diikuti oleh tanya jawab antara pembicara dan peserta yang menjadi pendengar. Antusias mahasiswa yang ingin mengetahui tentang potensi kemaritiman dapat dilihat dari pertanyaan yang diajukan oleh beberapa mahasiswa Universitas Budi Luhur dan juga siswa-siswi SMA dan SMK .Puncak acara pada seminar ini dengan dilakukanya penandatangan MoU antara pihak Universitas Budi Luhur dengan TNI Angkatan Laut Republik Indonesia. Dalam kesempatan Deputi Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Ir. Wendi Usino, MSc menyatakan bahwa “pengajaran kami ditantang untuk lebih menggali materi kemaritiman, penelitian bersama TNI AL, dan pengabdian kepada masyarakat kita akan dapat menjangkau wilayah tanah air yang lebih luas” uajrnya.

(penulis: Siti Prilla, Editor: Salsabilla)