Penanaman Tanaman Hidroponik dan Pembuatan Mural pada lingkungan Kelurahan Grogol Selatan

Penanaman Tanaman Hidroponik dan Pembuatan Mural pada lingkungan Kelurahan Grogol Selatan

Jakarta – Senin, 11 Januari 2021. Memasuki KKN Periode Gasal 2020/2021, Universitas Budi Luhur menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diikuti Mahasiswa UBL sebagai bentuk nyata dari Pengabdian Kepada Masyarakat yang berupaya mewujudkan pendidikan yang lebih efektif dengan pendidikan nyata yang dialami langsung oleh mahasiswa.

Tidak hanya pada penguasaan materi dan teori, tetapi juga aplikasi dari teori-teori dan pembelajaran yang didapatkan di bangku perkuliahan dapat diterapkan pada lingkungan masyarakat.

Salah satu kelompok Mahasiswa Universitas Budiluhur yaitu kelompok 20 di bawah bimbingan Ikhsan Rahdiana, S.Kom., M.Kom. Selaku Dosen Pembimbing Lapangan, melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan yang berlangsung Kelompok 20 selalu menerapkan protokol kesehatan. Tema yang di gunakan dalam kegiatan KKN ini yaitu “Meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya arti produktivitas di Era Covid-19 dengan berhidroponik”, Tema ini di ambil sebagai motivasi bagi masyarakat agar tetap bisa aktif berproduksi selama pandemi Covid-19 berlangsung

Kegiatan KKN ini dilakukan selama kurang lebih 10 hari dengan minggu pertama pada tanggal 11 – 15 Januari dan minggu kedua pada tanggal 18 – 22 Januari 2021, meliputi bersosialisasi dengan masyarakat, Bekerjasama dalam pembuatan tanaman hidroponik serta membuat mural pada dinding di sekitar lokasi

Kelompok KKN 20 mengadakan sosialisasi mengenai kegiatan bercocok tanam media hidroponik pada warga sekitar agar bisa jadi menjadi ketahanan pangan lokal dimasa pandemi. Sebagai pemahaman dengan berhidroponik, masyarakat tidak perlu berbelanja sayuran ke pasar atau pusat perbelanjaan sehingga terhindar dari bahaya penularan Covid-19.

Selain itu di tengah kondisi perkotaan yang minim Ruang Terbuka Hijau (RTH), Kelompok 20 memberikan edukasi, jika hanya dengan bermodal lahan sempit dan peralatan seadanya. Berhidroponik punya peluang dan manfaat besar untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap anggota keluarga untuk menjadi salah satu solusi menghasilkan tanaman dengan praktis.

 

Selain itu Mahasiswa Universitas Budi Luhur juga melakukan pembuatan mural pada dinding di sekitar lokasi berupa lukisan ondel-ondel yang dapat dinikmati setiap warga yang melintas di kawasan ini sekaligus memperindah pemandangan di kawasan tersebut. Ketua RT mengatakan bahwa beliau sangat berterimakasih kepada mahasiswa KKN karena memberdayakan lahan yang belum dimanfaatkan secara maksimal untuk menyampaikan pesan yang bermanfaat daripada digunakan untuk hal-hal lain yang tidak memiliki esensi yang jelas

WhatsApp chat