Pelatihan Pemanfaatan Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang Berpotensi Paten

Pelatihan Pemanfaatan Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang Berpotensi Paten

Jakarta (21/08/19), Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Universitas Budi Luhur bekerja sama dengan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang Berpotensi Paten Tahun 2019 di Atria Hotel Gading Serpong-Tangerang, pada tanggal 21-23 Agustus 2019.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti oleh 80 orang dosen/peneliti penerima hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Kemenristekdikti yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Peserta berasal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari wilayah Provinsi Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Dr. Krisna Adiyarta, M.Sc. selaku Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Budi Luhur. Dalam sambutannya, Dr. Krisna Adiyarta, M.Sc., menyampaikan, “kegiatan ini memiliki tujuan untuk membangun kemampuan praktis dalam membuat dokumen spesifikasi paten (deskripsi paten) terhadap invensi yang memenuhi kriteria paten, sehingga layak memperoleh perlindungan paten.”

Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini diantaranya meningkatnya pemahaman peserta mengenai manfaat sistem Hak Kekayan Intelektual (HKI), sistem paten dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta meningkatnya jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat diajukan paten dan jumlah permohonan paten dari kalangan perguruan tinggi.

Dr. Krisna Adiyarta, M.Sc ketika memberikan sambutan. (Foto dok. DRPM)

Pada kegiatan ini, para peserta selain mendapatkan materi-materi yang berkaitan dengan HKI dan Paten yang dipaparkan dan dipandu oleh beberapa pakar sebagai Tim Fasilitator, mereka juga melalukan praktik penyusunan deskripsi paten. Pakar yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Handi Nugraha, M.H. (DJKI Kemenkumham), Prof. Dr. Fili Pratama, M.Sc. (UNSRI), Ahmad Marzuki, S.Si., Ph.D. (UNS), Prof. Dr. Suyitno, M.T. (UNS), Prasetyo Hadi Purwandoko, S.H., M.S. (UNS), Dr. Dimas Indra Laksmana, M.T. (ITN Malang), Dr. Nanik Astuti Rahman, M.T. (ITN Malang), Prof. Dr. I Nyoman Widiasa, M.T. (UNDIP), Mhd. Hendra Wibowo (IPB), dan Elok Waziiroh, S.T.P., M.Si. (Universitas Brawijaya).

Kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi para peserta yaitu bertambahnya wawasan, pengetahuan tentang sistem HKI secara menyeluruh, meningkatnya pengetahuan dan keterampilan praktis dalam memanfaatkan informasi paten dalam menunjang kegiatan penelitian dan pengembangan, kemampuan melakukan perencanaan strategi dan program penelitian yang berorientasi paten, serta penyusunan dokumen spesifikasi paten (deskripsi paten).

Selain itu, peserta yang memiliki draf dokumen spesifikasi Paten yang dinilai berpotensi akan difasilitasi pendaftaran patennya oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kemenristekdikti.

Setelah selesai kegiatan ini, peserta diharapkan dapat menerapkan wawasan, pengetahuan,  keterampilan pada kegiatan penelitian (khususnya penyusunan proposal penelitian) dan melakukan sosialisasi serta diseminasi di lingkungan perguruan tinggi masing-masing.

 

Artikel Oleh                         : Samsinar

Penyunting dan Tata Letak : Anindya Putri