Mewujudkan Kesadaran Masyarakat Akan Kebersihan Lingkungan Untuk Menghadapi New Normal

Mewujudkan Kesadaran Masyarakat Akan Kebersihan Lingkungan Untuk Menghadapi New Normal

Sebagai Perguruan Tinggi, Universitas Budi Luhur memiliki kewajiban melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melakukan kegiatan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.

Pelaksanaan kegiatan KKN akan berlangsung selama 1 bulan dan bertempat di jl. H. Rasam, Kelurahan Perigi Baru, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Kegiatan Kerja Bakti bersama Warga untuk membersihkan lingkungan sekitar

Mengusung Tema “Mewujudkan Kesadaran Masyarakat Akan Kebersihan Lingkungan Untuk Menghadapi New Normal“ yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya hidup sehat, hidup bersih, dan juga menjaga imunitas tubuh agar tidak terpapar virus Covid-19 yang sedang melanda dunia, khususnya daerah yang kami jadikan lokasi kegiatan (KKN) yang beralamat di Jl. H.Rasam Rt 03 Rw 02, Perigi Baru.

Kuliah kerja nyata yang dilakukan di Perigi Baru ini terdiri dari 10 peserta dari berbagai Fakultas, Sehingga adakalanya terjadi perbedaan pendapat, Salah paham, apalagi menyatukan isi kepala untuk satu tujuan itu agak susah, sehingga melatih untuk bekerjasama dan mengerti satu sama lain.

Alfadh Waliyudin selaku Ketua Kelompok KKN 79 menyebut bahwa ia memilih lokasi dikarenakan, di lokasi ini masih banyak warga yang acuh mengenai bahayanya covid-19.“Warga di sini masih banyak yang acuh dengan protokol kesehatan covid-19, makanya kita memilih lokasinya di sini yakni untuk memfasilitasi dan menghibau mengenai bahayanya covid-19,” Ujar Ketua KKN.

Penyediaan Fasilitas sebagai Program Kerja Kelompok KKN 79

Dari Hasil Diskusi Program Kerja kami kepada ketua RT 03 dalam pelaksanaan KKN yang bertemakan “Mewujudkan Kesadaran Masyarakat Akan Kebersihan Lingkungan Untuk Menghadapi New Normal“ yakni penyediaan Fasilitas Cuci Tangan, Penyemprotan Disinfektan dilingkungan masyarakat, Papan Edukasi dan Tempat Sampah.

Program bertujuan untuk memudahkan warga dalam beraktivitas di luar dan juga sebagai pengingat masyarakat sekitar dalam menjaga kebersihan dan Kesehatan agar terhindar dari penyakit.

Selain itu, terdapat program Papan Edukasi untuk menghimbau warga setempat agar senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan serta memberikan motivasi hidup sehat, hidup bersih dan peduli lingkungan. Diharapkan seegala himbauan yang tertulis dapat menyadarkan masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Selanjutnya, kerja bakti Bersama warga setempat untuk menjaga kebersihan, kerja bakti pagi hari yang dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB, dalam rangka peduli lingkungan, selain itu juga guna menumbuhkan kesadaran warga masyarakat setempat akan peduli lingkungan secara bersama-sama. Sebelum kerja bakti dimulai Bapak Nian mengucapkan “Terimakasih adik-adik mahasiswa dan juga beserta warga khususnya Rt 03 yang telah menyempatkan hadir untuk kerja bakti bersama, tetaplah peduli lingkungan dimanapun kelian berada, karena kebersihan itu sebagian dari iman,” Ujar Nian – Selaku Ketua RT 03

Fasilitas-fasilitas tersebut di sebarkan ke beberapa titik lokasi-lokasi yang telah direncanakan oleh kelompok KKN 79, “mohon maaf jika yang kami berikan hanya sebuah fasilitas sederhana, yaitu tong sampah, tempat cuci tangan, sabun cuci tangan serta papan edukasi, semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat untuk kebersihan juga Kesehatan,” Ujar Alfadh, kepada Warga.

Ibu Titin yang berada dilokasi, saat pembagian fasilitas mengucapkan bahwa “dengan adanya fasilitas tempat sampah, tempat cuci tangan serta papan edukasi ini tentunya sangat bermanfaat dan menambah fasilitas yang mendukung kebersihan daerah kami, terimakasih adik-adik mahasiswa yang peduli dengan masyarakat kami,” Ucap Ibu Titin – Warga Setempat.

Rasa syukur dan terimakasih kepada kepada Bpk. Panca Maulana Firdaus., S.E.,M.M selaku Dosen Pembimbing Lapangan Universitas Budi Luhur, Bpk. Abdul Khoir selaku ketua Rukun Warga (RW 02) Perigi Baru, Bpk. Nian selaku ketua Rukun Tetangga (RT 03) Perigi Baru dan keluarga Bpk. Isan yang telah membantu mahasiswa Universitas Budi Luhur dalam menjalankan program kerja (KKN) .

“Saya selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN 79 Universitas Budi Luhur mengucapkan terimakasih kepada Pak RW, Pak RT dan juga Pak Isan selaku tuan rumah, saya ucapkan banyak-banyak terimakasih karena telah membantu adik-adik mahasiswa serta memohon maaf jika ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja yang kurang berkenan, semoga dari program kerja adik-adik mahasiswa kami dapat bermanfaat bagi warga setempat,” Ujar Bapak Panca – Selaku Dosen Pembimbing Lapang.

Dengan adanya Program KKN atau Kuliah Kerja Nyata di wilayah RT 03 Perigi Baru ini, semoga dapat memberikan sedikit pengetahuan akan pentingnya Menjaga Kesehatan dengan menerapkan Protokol Kesehatan dengan mencuci tangan setiap saat dan memakai masker setiap beraktivitas diluar rumah, dan kami berharap dengan semua program kerja yang telah kami laksanakan di RW 02 RT 03 Kelurahan Perigi Baru ini dapat bermanfaat yang baik bagi warga sekitar.

WhatsApp chat