Merajut Kerja Sama Guna Dapat Menuntut Ilmu di Negeri Tirai Bambu

China, 23 Oktober 2019. Universitas Budi Luhur telah menjalin kerja sama selama 19 tahun dengan HZ University of Applied Sciences. Kolaborasi dalam bentuk pertukaran pelajar dan join degree yang biasanya dilakukan kali ini terasa berbeda, karena kedua institusi ini melakukan kunjungan kerja bersama di Shanghai Maritim University, China.

                            Sharing Knowledge antar tiga Universitas.

Kehadiran Kasih Hanggoro, MBA, Dr. Ir. Hari Soetanto, M.Sc. bersama Frank Audenaerde dan E (Bert) Schollema yang merupakan perwakilan dari HZ University of Applied Sciences telah disambut hangat oleh Vice Dean of Logistic Engineering College,  Prof. Xu Xiaoyan, Ph.D; Vice Dean, Yu Feng Li, Ph. D,  dan Marketing Director, Zhoui Wei.

Frank Audenaerde adalah International Manager di Hz University, sedangkan E. (Bert) Schollema merupakan Director of International Strategies di institusi yang sama. Keduanya telah sering bertandang ke Universitas Budi Luhur untuk memberikan pelajaran pada mahasiswa kelas internasional, khususnya program International Business Management Studies, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.  Bahkan Frank menganggap Universitas Budi Luhur seperti keluarganya.

Kunjungan ke Negeri Tirai Bambu atau yang kadang disebut sebagai Tiongkok ini membawa kesan tersendiri bagi Ketua  Pengurus Harian Yayasan Budi Luhur  Cakti (YBLC) Kasih Hanggoro, MBA dan Deputi Bidang Digitalisasi dan Pengembangan Pembelajaran, Dr. Ir. Hari Soetanto, M.Sc. Pasalnya kampus dengan spesialisasi Maritim, Shipping, dan Transport Education ini merupakan salah satu kampus terbaik di China, sehingga memberikan warna berbeda khususnya bagi Kampus Budi Luhur kelak.

Kasih Hanggoro, MBA dan Prof. Xu Xiaoyan, Ph.D saling bertukar cinderamata.

Berdiri sejak tahun 1909, tentunya telah menunjukkan kualitas dari Shanghai Maritim University di kancah pendidikan. Terang saja ini dapat membuka peluang bagi Universitas Budi Luhur untuk lebih mengembangkan sayapnya di dunia internasional.

Dalam sambutannya, Bapak Kasih Hanggoro, MBA menyatakan bahwa, “Melalui courtesy call kali ini, membuka peluang besar bagi Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Budi Luhur untuk go internasional. Kedepannya Kami berharap semoga kerja sama ini dapat terjalin dengan lancar seperti halnya kelanggengan kolaborasi antara kampus Budi Luhur dengan HZ University.”

Beberapa hal yang dapat dilakukan bersama antara kedua kampus ini telah didiskusikan bersama, poin utamanya adalah pertukaran pelajar. Bapak Hari Soetanto juga menambahkan jika para dosen juga bisa memanfaatkan ini sebagai peluang untuk melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Nilai yang diperoleh tinggi terlebih pengalaman secara internasional yang sangat berharga, karena dapat menjalin hubungan kerja dengan rekan-rekan di luar negeri.

Adanya jalinan kerja sama dalam skala internasional ini membawa harapan besar bagi segenap civitas akademika Universitas Budi Luhur. Tentunya agar dapat meningkatkan kualitas yang sesuai dengan standar internasional. Kedepannya agar Universitas Budi Luhur dapat menghasilkan bibit-bibit unggul yang juga siap mampu bersaing di kancah nasional dan internasional.