Mencegah Penyebaran Covid-19, Mahasiswa dan Masyarakat Bergotong Royong Tingkatkan Kepedulian Kesehatan dan Lingkungan

Mencegah Penyebaran Covid-19, Mahasiswa dan Masyarakat Bergotong Royong Tingkatkan Kepedulian Kesehatan dan Lingkungan

Apasih KKN itu? KKN yang berarti Kuliah Kerja Nyata dimana salah satu syarat wajib mahasiswa Universitas Budi Luhur melanjutkan tugas akhir atau bisa disebut dengan Skripsi, maka dari itu Mahasiswa Universitas Budi Luhur dari kelompok 80 melakukan pelaksaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Petukangan Utara RT 01 RW 02 Jakarta Selatan.

Pembukaan KKN Kelompok 80 oleh Ketua Kelompok

Tema Program Kerja mahasiswa UBL di Petukangan Utara yaitu “Upaya Meningkatkan Kesadaran dan Peran Masyarakat dalam Pencegahan Covid 19 di Petukangan Utara.”

Pemaparan Materi Sosialisasi Virus Covid-19 ke masyarakat

Selama menjalankan program KKN tidak lupa Mahasiswa UBL menerapkan protokol kesehatan secara ketat di setiap programnya dengan menggunakan masker dan pemakaian Hand Sanitizer guna memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19. Kegiatan KKN dilaksanakan setiap akhir pekan Sabtu dan Minggu selama 15 hari pada tanggal 10 Desember – 10 Januari 2020.

Kegiatan kelas bahasa inggris rutin bersama mahasiswa dan karang taruna

Pembagian Masker dan Hand sanitizer Merupakan salah satu bentuk kepedulian Mahasiswa KKN Universitas Budi Luhur guna Mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 Serta meningkatan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan di Lingkungan Warga RT-01 Petukangan Utara.

Pembagian Masker dan Handsanitizer kepada masyarakat sekitar

Beberapa Kegiatan Rutin yang dilakukan selama KKN adalah Belajar Mengajar yang Mahasiswa lakukan bersama Karang Taruna RT setempat setiap Hari Minggu Dipagi hari.

“Kami berharap kegiataan yang telah diberikan oleh kelompok 80 kepada masyarakat dapat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat di RT 01 ini khususnya dalam menurunkan angka covid-19 dilingkungan masyarakat. Harapan kedepannya dari KKN ini, bisa dijadikan sebagai contoh untuk mahasiswa lainnya dalam melaksanakan KKN” ujar Ketua Kelompok 80

Pembuatan tempat sampah bersama adik-adik RT 01

Selain itu, terdapat program pembuatan fasilitas cuci tangan untuk masyarakat sekitar dan Pembuatan Tong sampah untuk setiap sudut di RT 01 petukangan Utara yang dilukis Oleh anak-anak RT 01 agar lebih menarik dan warga sekitar lebih sadar akan kebersihan tangan dan membuang sampah pada tempatnya.

Selama pandemi ini, seluruh masyarakat Indonesia berada dirumah guna mengurangi penyebaran Virus Covid-19 dan mematuhi himbauan pemerintah untuk Stay At Home atau Work From Home. Untuk mengisi kegiatan warga sekitar agar tidak bosan selama dirumah, maka mahasiswa KKN melakukan interaksi dengan mengadakan Program Penanaman Hydroponic bersama warga sekitar RT 01 Petukangan Utara.

Kegiatan Terakhir KKN di RT 01 Petukangan Utara adalah Membuat Rak Buku yang dilakukan Langsung oleh Mahasiswa KKN untuk mendukung Kegiatan Belajar dan Mengajar warga dan anak-anak agar lebih semangat dan tidak lupa Mahasiswa KKN memberikan Donasi berupa buku-buku yang diperlukan untuk kegiatan belajar sesuai dengan tingkat Kelas Mereka.

“Harapannya dari KKN ini akan menciptakan mahasiswa yang mandiri dan dapat bersosialisasi dengan berbagai kalanan masyarakat dapat menerapkan ilmu di kampus bukan hanya ilmu yang bersifat text book namun juga ilmu kemasyarakatan.” Ucap Pak Panca selaku dosen pebimbing kelompok 80.

Dengan adanya Program KKN atau Kuliah Kerja Nyata di RT 01 Petukangan Utara ini Semoga dapat memberikan sedikit pengetahuan akan pentingnya Menjaga Kesehatan dengan menerapkan protokol Kesehatan dengan mencuci tangan setiap saat dan memakai masker setiap beraktivitas diluar rumah, dan beberapa program kerja seperti membantu kegiatan belajar mengajar kelas Bahasa Inggris setiap akhir pekan, Sosialisasi Covid-19, Penanaman Hydroponic, pembuatan tong sampah dan tempat cuci tangan serta rak buku dan donasi buku Semoga bermanfaat untuk warga sekitar.