Mahasiswa Universitas Budi Luhur mengikuti Kegiatan Diskusi Interaktif Peningkatan Ketahananan Ekonomi

Jakarta – Universitas Budi Luhur mengirimkan perwakilan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Diskusi Interaktif Peningkatan Ketahanan Ekonomi yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi DKI Jakarta. Acara ini dilaksanakan tiga (3) hari pada tanggal 4 sampai dengan 6 April 2019 bertempat di Hotel Grand Mutiara, Jl. Raya Puncak KM. 75 Cipayung Datar Megamendung Bogor, Jawa Barat, dan dihadiri oleh perwakilan 16 Universitas DKI Jakarta.

Perwakilan Mahasiswa dari 16 Universitas DKI Jakarta

Terdapat empat narasumber berkompeten yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut, diantaranya adalah Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Akademisi, Motivator Kewirausahaan, dan Penggiat Usaha.

Kristina Agustin selaku Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM saat dialognya, beliau mengharapkan mahasiswa sebagai pemuda bangsa harus memiliki peran aktif untuk meningkatkan ketahanan ekonomi bangsa. “Pemerintah mempersiapkan diri sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing Kementerian Lembaga untuk menyambut Era Bonus Demografi dan sekarang kita sedang memasuki Era 4.0  dengan perlahan namun pasti. Sasaran kami  adalah para pemuda, pemuda harapan bangsa karena pemuda memiliki power yang lebih dan memiliki pemikiran lebih cepat dalam bertindak dan bersikap.” Ujarnya Kamis (04/4).

Dalam kegiatan tersebut juga terdapat dialog dan diskusi interaktif antara narasumber dan mahasiswa mengenai Pengembangan Ekonomi Kreatif dalam menciptakan lapangan kerja di masyarakat. Resandi Mahasiswa Universitas Budi Luhur dalam diskusi nya mengatakan “cara mahasiswa menghadapi ekonomi kreatif dan ekonomi digital yaitu hadapi Era Digital sama dengan Era Distrupsi, yakni ketidakpastian waktu yang akan berubah-ubah pada jamanya. Kita harus bisa menyesuaikan dengan jaman agar tidak tertinggal, jadi pilihannya hanya dua yaitu apakah kita mau untuk menyesuaikan beradaptasi dalam perkembangan jaman tersebut dengan adanya era digital atau ekonomi kreatif dan pilihan kedua kita hanya sebatas menjadi pasar diam saja.”Jum’at (05/4).

Resandi selaku Mahasiswa Universitas Budi Luhur menyampaikan diskusinya pada kegiatan Diskusi Interaktif Peningkatan Ketahanan Ekonomi

Ekonomi Kreatif dan Digital bukan hanya untuk memperkaya diri atau kelompok sendiri tapi bagaimana dengan adanya Ekonomi Kreatif dan Ekonomi Digital ini, diharapkan bisa memberikan kebermanfaatan bagi banyak orang. Universitas Budi Luhur sendiri sedang merintis Social Entrepreneur. Social Entrepreuner merupakan Platform Digital Integrasi dengan sasarannya siswa-siswi SMA/K sederajat yang mencari beasiswa dan sertifikasi kerja. (Penulis: Aida, Editor: Salsabilla).

***