Mahasiswa Universitas Budi Luhur Mengajak Masyarakat Untuk Tingkatkan Protokol Kesehatan dan Edukasi Kepedulian Lingkungan Sekitar

Mahasiswa Universitas Budi Luhur Mengajak Masyarakat Untuk Tingkatkan Protokol Kesehatan dan Edukasi Kepedulian Lingkungan Sekitar

KKN Universitas Budi Luhur pada periode Gasal 2020/2021 sedikit berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Kegiatan Kerja Nyata (KKN) kali ini di selenggarakan di tengah-tengah masa pendemi covid-19 yang dimana biasanya Ketika kegiatan KKN dilaksananakan mahasiswa akan di kirim ke luar daerah untuk melakukan kegiatan tersebut tapi untuk sekarang pelaksanaannya dilakukan di daerah terdekat dari tempat tinggal para mahasiswa dan wajib mematuhi protokol Kesehatan.

KKN Kelompok 4 telah melaksanakan KKN pada 3 Februari 2021 sampai 10 Februari 2021, adapun lokasasi kegiatan KKN berada di Jurang Mangu Barat, Tangerang Selatan. Tema program mahasiswa UBL di kelurahan Jurang Mangu Barat adalah “Membantu Meningkatkan Penerapan Protokol Kesehatan di  Wilayah Lembaga Penelitian” di kelurahan jurang mangu barat, Tangerang Selatan.

Menurut Fahriz salah satu anggota KKN mengungkapkan kehadiran mahasiswa di tempat lokasi KKN tersebut disambut baik oleh warga sekitar dengan mendukung program yang telah dilaksanakan selama KKN. Adapun program tersebut antara lain pembuatan fasilitas cuci tangan, tempat sampah, pembagian masker dan handsanitizer, serta lomba  mewarnai dan membuat prakarya yang dilanjutkan dengan sosialisasi tentang kebersihan dan protokol Kesehatan.

Selain itu, KKN Kelompok 21 telah melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata yang bertemakan  “Mewujudkan Masyarakat Yang Cerdas Dan Unggul Dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dalam Menghadapi Era New Normal” berlokasi di Jl. Al – Falah, Kp. Kecil RT 04/ RW08, Kel. Sukabumi Selatan, Jakarta Barat

Kegiatan yang dilaksanakan selama program KKN meliputi Edukasi pemahaman dalam menghadapi Era New Normal, Membantu meningkatkan Kreativitas anak-anak di Rt 04Kel. Sukabumi Selatan, membagikan masker serta handsanitizer untuk warga, Membagikan alat tulis dan beberapa makanan untuk anak-anak, Penyemprotan Disinfektan, Pembuatan tempat cuci tangan, dan  Melakukan ternak lele serta menanam tanaman.

kegiataan budidaya lele dan menanam tanaman seperti bayam,kangkung dan pakcoy bertujuan untuk memberikan aktifitas yang menyenangkan kepada masyarakat dan bermanfaat untuk warga. Mahasiswa juga membagikan poster dan sarana mewarnai serta alat tulis untuk anak-anak, yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas.

KKN Kelompok 35 telah menyelesaikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) di Desa Cibogo RT 011/005 selama 1 bulan pada 1 Januari 2021 – 31 Januari 2021. Program KKN kempok 35 bertemakan “Edukasi Pentingnya Kesadaran Masyarakat Terhadap Lingkungan” dengan tujuan pelaksanaan KKN dapat bermanfaat bagi warga sekitar.

Program dari kelempok tersebut diantaranya bersosialisasi terhadap masyarakat pentingnya buang sampah pada tempatnya serta menyediakan tong sampah. Beberapa kegiatan KKN juga berfokus terhadap anak-anak di Desa Cibogo dengan belajar bersama. Mulai dari menggambar cita cita, membuat origami, dan menonton film anak anak yang bertujuan untuk mengasah kreatifitas anak anak.

Selain itu, terdapat KKN kelompok 62 dibawah bimbingan Dody Kurniawan, S.T., M.T selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), menjalankan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kawasan Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Banten yang bertemakan ‘‘Peran Mahasiswa Universitas Budi Luhur Dalam Menekan Pencegahan Penyebaran Covid Melalui Nilai Kebudiluhuran‘‘.

Kali ini Mahasiswa Universitas Budi Luhur dari kelompok 62 mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di lingkungan Kreo, lebih tepatnya di Komp. PDK, Jl Budaya 1 RT 001 dan RT 002, RW 002.


Kegiatan yang dilakukan meliputi Penyemprotan disinfektan di lingkungan RT 001 dan RT 002 Komp PDK, Kreo, kemudian dialnjutkan dengan membuat tempat cuci tangan di lingkungan Masjid dan Posyandu, Pemasangan Banner tentang Covid di lingkungan Masjid, Selain itu mahasiswa juga mengadakan open class untuk anak anak di posyandu, Membuat Perpustakaan mini di pelataran masjid, Sweeping Open Donasi dan Infaq beras keliling rumah, membuat Hidroponik di Posyandu, Mengecat dan Mural pada dinding posyandu, Sweeping Vitamin anak keliling rumah dan mengikuti kegiatan kerja bakti sosial yang diadakan di lingkungan posyandu dan Masjid. Kegiatan KKN ini dilaksanakan sebanyak 12 hari yang dimulai dari tanggal 1 Februari sampai 13 Februari 2021.

 

 

 

 

WhatsApp chat