Mahasiswa Universitas Budi Luhur Mengajak Masyarakat Untuk Kreatif dan Adaptif di Masa Pandemi

Mahasiswa Universitas Budi Luhur Mengajak Masyarakat Untuk Kreatif dan Adaptif di Masa Pandemi

Memasuki KKN Periode Gasal 2020/2021 , Mahasiswa Universitas Budi Luhur Kelompok KKN 37, Kelompok KKN 43, Kelompok KKN 53 melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 1 bulan dengan penempatan lokasi KKN yang berbeda-beda.

Bergotong Royong dengan masyarakat untuk membersihkan lingkungan sekitar

Kelompok KKN 37 memiliki tema pada program kegiatan KKN yakni “Kebudiluhuran, Kreatifitas dan Kebersihan”. Tema  ini mendasari agar masyarakat bisa selalu patuh dalam menjaga kebersihan serta dapat berkreasi selama pandemi. Kelompok KKN pada 37 dilaksanakan pada 19 Januari – 19 februari 2021 yang berlokasi di Larangan Utara RT.005/RW 011, Tangerang, Banten.

Penyemprotan disinfektan dilingkungan masyarakat sekitar Larangan Utara

Program yang sudah terlaksana dari Kelompok KKN 37 terkait tema Kebudiluhuran, kreatifitas, dan kebersihan diantaranya penyediaan fasilitas cuci tangan dan penyemprotan disinfektan di sekitar Larangan Utara RT.005/RW 011. Memberikan sosialisasi dalam bentuk edukasi kepada anak-anak dengan memperkenalkan nilai-nilai kebudiluhuran yang dapat diterapkan di lingkungan masyarakat. Bekerjasama dengan  warga Larangan Utara untuk membersih lingkungan sekitar dan kegiatan mural yang menggambarkan  terkait protokol kesehatan. Tujuan dari program ini ialah menyadarkan masyarakat sekitar untuk bersama-bersama mencegah penyebaran Covid-19 serta penanaman nilai kebudiluhuran kepada masyarakat sekitar.

Pengenalan dan penerapan nilai-nilai kebudiluhuran kepada Anak-anak Larangan Utara

“kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar, karena banyak point positif dari para mahasiswa sebagai contoh untuk di terapkan di kemudian hari”. Ujar Ristanto kepala RT 05/RW 11. Selama aktivitas KKN , warga sangat antusias dengan kegiatan yang di langsungkan oleh mahasiswa Universitas Budi Luhur. Adapun harapan masyarakat kepada mahasiswa Universitas Budi Luhur untuk selalu berkreatif dan inovatif untuk lingkungan masyarakat.

Pemasangan banner terkait Protokol Kesehatan i Kelurahan Cipulir RT 004/RW 004 oleh kelompok 53

kelompok Kelompok 53 telah melaksanakan KKN di Kelurahan Cipulir RT 004/RW 004 yang bertemakan “Penguatan Peran Warga dalam Melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi Covid-19” dengan mengusung 3 program utama, yaitu Sosialisasi Covid-19, Penyediaan dan Penerapan Protokol Kesehatan. Dalam berbagai program pelaksanaan Kegiatan KKN ini, terlihat warga RT 004/RW 004 turut berpartisipasi dan  senang dengan adanya program-program ini. Diharapkan pelaksanaan KKN Universitas Budi Luhur dapat membantu masyarakat dalam mencegah penyebaran covid-19 dan membantu Pemerintah dalam menekan angka positif covid-19 di Indonesia.

Penerapan protokol Kesehatan dalam kegiatan ibadah sholat jum’at di Musholla Muwaffaqiin, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Program ini ditujukan untuk masyarakat yang tinggal di lingkungan RT 004/RW 004 dengan tujuan agar masyarakat sekitar dapat lebih waspada apabila mengalami salah satu gejala covid-19 dan juga melakukan beberapa pencegahan agar terhindar dari virus corona. Pelaksanaan sosialisasi dilakukan dengan pemasangan banner dan poster di beberapa titik di lingkungan RT 004/RW 004 oleh mahasiswa peserta KKN. Program Protokol kesehatan mejadi fokus utama dari kelompok tersebut, seperti penyediaan fasilitas cuci tangan pembagian masker kepada masyarakat, dan handsanitizer.

Dalam rangka melaksanakan salah satu prinsip dari Tri Dharma Perguruan tinggi yakni KKN, Kelompok KKN 43 yang berlokasi di daerah Kunciran Indah memilih tema sesuai dengan isu nasional saat ini yakni  ”Meningkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Kebersihan Lingkungan Untuk Kesehatan Tubuh di Masa Pandemi Covid-19”. Kegiatan KKN dilaksanakan setiap akhir pekan selama satu bulan dari Januari hingga Februari.

Kegiatan senam pagi bersama masyarakat serta pembagian hadiah

Pelaksanaan KKN yang dilakukan oleh kelompok 43 kepada masyarakat maupun warga Kunciran Indah meliputi pembagian masker, hand sanitizer, dan fasilitas cuci tangan. Mengajak warga Kunciran Indah untuk  senam sehat khususnya ibu-ibu yang bertujuan meningkatkan imun tubuh. Serta mensosialisasikan penerapan hidup sehat dan bersih melalui pemasangan brosur 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker) di beberapa titik-titik tertentu yang cukup ramai dilewati warga. Kegiatan pendukung lainnya dengan mengadakan lomba mewarnai untuk anak-anak guna meningkatkan kreatifitas pada anak di Kunciran Indah.

Berlangsungnya KKN dari mahasiswa Universitas budi luhur ini semoga masyarakat dapat ebih taat dengan protokol kesehataan yang ada, rajin mencuci tangan dengan fasilitas cuci tangan yang telah tersedia di masyarakat, serta  menjaga kebersihan lingkungan sebagai bentuk dukungan masyarakat untuk memutuskan rantai penyebaran covid-19.

WhatsApp chat