Mahasiswa Universitas Budi Luhur Laksanakan Pemberdayaan Masyarakat berbasis Pendidikan dan Kesehatan

Mahasiswa Universitas Budi Luhur Laksanakan Pemberdayaan Masyarakat berbasis Pendidikan dan Kesehatan

Tangerang Selatan – Demi mewujudkan pengetahuan masyarakat dalam Pendidikan dan Kesehatan, pada kesempatan ini mahasiswa/I Universitas Budi Luhur kelompok A9 Periode 2020/2021 dengan dosen pembimbing Eryco Muhdaliha, S.E,. M.M mulai menyelenggarakan kegiatan KKN dengan membentuk program “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendidikan Dan Kesehatan”.

Di tengah naiknya kasus Virus Corona atau Covid-19, kecemasan dan ketakutan masyarakat untuk tertular menjadi masalah baru yang perlu untuk diperhatikan berbagai pihak. Terlebih, kecemasan dan ketakutan tersebut tidak jarang menimbulkan stigma masyarakat kepada para pasien Covid-19 dan tenaga medis yang menanganinya. Bahkan kadang, stigma tersebut menimbulkan perilaku diskriminatif terhadap pasien dan petugas medis. Seharusnya baik pasien Covid-19 dan petugas media mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat khususnya dukungan baik secara finansial maupun non finansial, agar psikologis mereka terjaga sehingga imune dari pasien covid-19 dan tenaga medisnya meningkat dan terhindar dari virus. Kami merasa perlu ada sosialisasi terkait covid-19 khususnya di masyarakat sekitar Yayasan annajiyah, untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait covid-19 sehingga mereka bisa melihat permasalahan secara proposional.

Hal hal yang ingin kami sampaikan kepada masyarakat ialah mengenai kepedulian kepada sesama di masa pandemi saat ini, menginfokan betapa pentingnya memakai masker dimasa pandemic covid-19, dan membuat tempat cuci tangan di berbagai titik, minimal masyarakat sekitar selalu ingat pentingnya mencuci tangan saat setelah berpergian keluar rumah.

Dan semakin berkembangnya internet di indonesia, semakin banyak pula masyarakat yang mengenal website baik itu website sosial media, website e-commerce, dan website media informasi lainnya. Website biasanya digunakan untuk mengakses suatu informasi yang kita butuhkan. sudah banyak institut, organisasi ataupun yayasan yang memiliki website. Tujuan dari website tersebut digunakan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti informasi kontak, informasi alamat, visi misi, dan informasi terbaru dari suatu organisasi ataupun yayasan tersebut.
Website sendiri adalah sekumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. Website dapat dibuka dengan menuliskan URL atau alamat website di browser.
Salah satu program KKN kami tentang teknologi adalah pembuatan website untuk Yayasan Annajiyah. Yang kami ketahui bahwa yayasan tersebut belum memiliki website sebagai salah satu media informasinya. Selain sosial media Instagram ataupun Facebook sebagai sarana informasi, website juga memiliki peranan penting untuk meningkatkan kepercayaan publik sehingga dengan adanya website akan menjadi lebih kredibel dan terpercaya.

Oleh karena itu kelompok KKN A9 akan membuat website untuk Yayasan Annajiyah untuk meningkatkan layanan publik dan layanan informasi yang akan membahas tentang sejarah Yayasan, Visi Misi Yayasan, informasi pendidikan, galeri kegiatan belajar mengajar serta alamat dan kontak yayasan. Harapan kami, dengan adanya website tersebut dapat meningkatkan layanan publik dan layanan informasi. Dimana informasi tersebut dapat diakses oleh publik untuk mengetahui lebih detail mengenai yayasan Annajiyah.

Berikut adalah Anggota Pelaksana dari kelompok A9 :
1. Eryco Muhdaliha, S.E,. M.M sebagai Dosen Pembimbing Lapangan
2. Ali Santosa sebagai Ketua Pelaksana (NIM: 1831510092)
3. Ferren Novensha (NIM: 1871511240)
4. Taufik Kurniawan (NIM: 1712510534)
5. Ema Fitriyani (NIM: 1831510076)
6. Kamila Balqis (NIM: 1871511612)
7. Cece Sutisna (NIM: 1871510481)
8. Dinda Alodia Permata (NIM: 1871511695)
9. Salsabila Filda Ansori (NIM: 1871510812)
10. Nur Ichsan Adam Pariz (NIM: 1731501340)
11. Muhamad Ibrovic (NIM: 1712510492)

KKN ini dilaksanakan di Yayasan Annajiyah tepatnya di Jl. PLN Rt 02/01 no. 80 Kelurahan Pondok Karya Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan BANTEN. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari tepatnya tanggal 26 Juni, 3 Juli, Dan 20 Juli 2021.

Pada tanggal 26 juni adalah sosialisasi offline kepada masyarakat tentang penggunaan masker yang tepat, serta pembagian masker. Selain itu juga memberikan arahan mengenai kegiatan positif yang dapat dilakukan saat pandemi serta cara menjaga Kesehatan dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan untuk kepedulian warga di masa pandemi Covid-19, untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di kelurahan Pondok Karya.

Alhamdulillah setelah memberikan seminar edukasi mengenai covid-19 respon yang diberikan masyarakat dan staff karyawan Yayasan annajiyah sangatlah positif.
semoga apa yang telah kami sampaikan selalu menjadi manfaat buat masyarakat khususnya di lingkungan Yayasan annajiyah.

Pada tanggal 03 juli 2021 kami melanjutkan kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang dapat dilakukan oleh peserta berupa pembuatan tempat cuci tangan yang diletakkan di beberapa titik yaitu di Yayasan, musholla dan sekitar pemukiman warga.

Dan pada hari terakhir kami juga turut serta berpartisipasi dalam qurban yang dilaksanakan oleh Yayasan Annajiyah yaitu berupa kambing yang akan dibagikan kepada warga. Dalam kegiatan positif ini, kami bisa berbagi sedikit kepada warga pondok karya.

Setelah pelaksanaan kegiatan KKN ini, kami berharap masyarakat lebih memahami betapa pentingnya Kesehatan kita dan orang-orang disekitar kita. Dan serta membentuk karakter yang lebih peduli terhadap lingkungan dan sekitar. Kegiatan ini diakhiri dengan berpamitan kepada bapak Idris selaku ketua Yayasan yang menyambut dengan hangat kelompok kami, dengan itu kami juga memberi sedikit bingkisan dan frame sertifikat kegiatan KKN ini kepada Yayasan sebagai tanda Terima Kasih.