Mahasiswa UBL Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19

Mahasiswa UBL Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19

Kelompok KKN 76 Memulai KKN Periode Gasal 2020/2021, Universitas Budi Luhur (UBL) mulai menyelenggarakan kembali KKN yang diikuti oleh mahasiswa/I dari berbagai fakultas Universitas Budi Luhur.

Pada kesempatan ini Mahasiswa/i Universitas Budi Luhur yang terbentuk dalam Kelompok KKN 76 dengan Dosen Pembimbing Eryco Muhdaliha, S.E,. M.M melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) masa pandemi Covid-19.

KKN ini dilaksanakan di Jl. Menjangan III Rt/Rw 005/015 Pondok Ranji Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Kegiatan KKN ini dilaksanakan selama 2 hari tepatnya di tanggal 13 & 20 Desember 2020.

Tema Program yang digunakan Kelompok KKN 76 ini adalah “Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Menjaga Kesehatan dan Melestarikan Kebersihan Lingkungan di Masa Pandemi” kami mengambil tema tersebut berawal dari keprihatinan mahasiswa/I karena masih banyak warga yang kurang kesadaran dalam menjaga kesehatan diri seperti mencuci tangan dan tidak memakai masker.

Kelompok KKN 76 memiliki beberapa kegiatan yang dilakukan pada saat melaksanakan KKN, seperti Menginstalasi tempat cuci tangan, Penyemprotan Disinfektan, Pembagian masker dan bantuan sosial berupa sembako ke beberapa masyarakat yang kurang mampu di lokasi tersebut.


Pada hari pertama 13 Desember 2020 Kelompok KKN 76 ini melakukan kegiatan Menginstalasi Tempat Cuci Tangan di beberapa titik. Agar masyarakat sadar akan pentingnya mencuci tangan dan menjaga kesehatan di masa Pandemi Covid-19 sekaligus juga melakukan penyemprotan Disinfektan ke rumah warga. Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Jl. Menjangan III 005/015 Pondok Ranji Kegiatan Penyemprotan Disinfektan yang dilakukan bersama Ketua Rt 005/015 yaitu bapak Saris. Kegiatan ini dilakukan guna meminimalisir penyebaran Covid-19 di daerah Jl. Manjangan III 005/015.

Penyebaran Covid-19 selain dapat menyebar melalui sentuhan tangan, air liur, dan juga cairan yang berasal dari dalam tubuh. Covid-19 juga dapat menular melalui barang yang telah di pegang atau di pergunakan oleh pengidap Covid-19 tersebut. Sambut meriah dan juga hangat dirasakan oleh Kelompok KKN 76, masyarakat Jl. Menjangan III 005/015 menerima dan menyambut Kelompok KKN 76 dengan antusias baik. Selama menjalankan Program KKN, Mahasiswa/i Universitas Budi Luhur tetap menerapkan Protokol Kesehatan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Pada hari kedua kegiatan KKN yaitu tanggal 20 Desember 2020, Kelompok KKN 76 mengadakan kegiatan pembagian masker dan bantuan sosial berupa sembako bagi warga yang membutuhkan yang dilakukan secara door to door dan sekaligus memberi penjelasan tentang pentingnya memakai masker.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk kepedulian warga di masa pandemi Covid-19, Menurut kami selain pencegahan penyebaran Covid-19 di Jl. Manjangan III 005/015 kami merasa bahwa perlu memikiran beberapa kepentingan masyarakat yang terdampak imbas dari Covid-19 untuk tetap bisa saling membantu satu sama lain.

Dengan itu kami memutuskan untuk membatu masyarakat yang kurang mampu di daerah Jl. Manjangan III 005/015. Bukan hanya sekedar bantuan seperti pemahaman Informasi Covid-19 terhadap masyarakat, tetapi juga Bantuan Sosial yang dalam bentuk pangan juga perlu pada saat kedaan seperti ini membantu meringankan beban para masyarakat yang terdampak imbas dari Covid-19 ini.

Dengan adanya kegiatan KKN di masa pandemi Covid-19 ini diharapkan masyarakat lebih memahami tentang Covid-19 dan cara pencegahannya agar kasus Covid-19 di Indonesia tidak semakin meningkat. Kegiatan ini disambut baik oleh ketua RT.005 Bapak Saris yang menagatakan ”Program ini sangat menarik dan saya senang karena dengan penyampaian informasi dan sekaligus pembagian masker masyarakat akan lebih paham tentang pentingnya memakai masker saat keluar rumah untuk mencegah Covid-19” ujar Bapak Saris selaku ketua RT.005 Jl. Menjangan III Pondok Ranji Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

WhatsApp chat