Jakarta, 5 Juli 2024 – Universitas Budi Luhur menyelenggarakan acara Seminar Penyegaran SPMI sesuai Permendikbudristek 53 tahun 2023 dengan tema: “Strategi jitu implementasi SPMI untuk akreditasi unggul”.

Acara yang diadakan di ruang Teather ini diawali dengan sambutan dari Kepala Penjaminan Mutu Universitas Budi Luhur, Hendri Irawan, S.Kom., M.T.I. Beliau menyampaikan bahwa acara ini merupakan kelanjutan dari Sosialisasi RKT.

Beliau juga menyampaikan pentingnya SPMI karena mutu Perguruan Tinggi erat kaitannya dengan PPEPP (Pedoman Penyusunan Evaluasi Program Pendidikan). PPEPP perlu mendapat perhatian yang serius karena PPEPP membantu perguruan tinggi dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, mendorong adopsi praktik-praktik terbaik dalam pendidikan tinggi dan implementasi PPEPP yang efektif akan mendukung proses akreditasi unggul.

Pak Hendri mengingatkan untuk terus menjaga kualitas pendidikan dan meningkatkan reputasi serta daya saing di tingkat nasional maupun internasional untuk Budi Luhur Unggul.

Acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu ini dibuka oleh Plt Rektor Universitas Budi Luhur, Deputi Rektor bidang Akademik, Dr. Ir. Arief Wibowo, M.Kom.

Dalam sambutannya, Plt Rektor mengapresiasi terselenggaranya acara Seminar Penyegaran SPMI ini. Apresiasi luar biasa disampaikan kepada program studi Sistem Informasi dan Sistem Komputer yang telah mendapatkan akreditasi Unggul.

Beliau mendorong semua pihak dapat saling mendukung agar program studi yang ada di Universitas Budi Luhur semua unggul. Plt Rektor mengajak para direktur, para dekan, para kaprodi, para kasubdit dan semua pihak yang ada di Universitas Budi Luhur untuk bersama-sama meningkatkan komitmen dan kualitas implementasi SPMI.

Mari kita terus berinovasi, berkolaborasi, dan berkomitmen untuk menjadikan Universitas Budi Luhur sebagai lembaga pendidikan yang cerdas berbudiluhur, berkualitas, berintegritas dan mampu bersaing secara global.

Fasilitator SPMI Nasional Kemendikbudristek Dr. Desiana Vidayanti, M.T. yang menjadi narasumber Seminar SPMI ini menjelaskan implementasi SPMI dengan sangat menyenangkan. Beliau menyampaikan kesesuaian SPMI menurut permendikbudristek 53 tahun 2023 perlu dipersiapkan dengan baik.

SPMI merupakan suatu sistem yang sangat vital bagi setiap perguruan tinggi untuk memastikan bahwa proses pendidikan dan pengajaran memenuhi standar yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi. Ketentuan ini akan diberlakukan 2 tahun setelah tanggal pengesahan yaitu tanggal 18 Agustus 2025. Bu Desi juga menyampaikan visi yang menjangkau skala internasional maka standarnya akan mengikuti skala internasional.

Visi yang jangkauannya skala nasional atau riset maka standarnya juga akan mengikutinya. Dukungan semua pihak yang ada di manajemen Perguruan Tinggi sangat berpengaruh agar terwujud visi yang ditentukan Perguruan Tinggi itu.