Kolaborasi Universitas Budi Luhur dan PT Pegadaian Wujudkan Ruang Kreatif Dan Wisata Edukasi Daur Ulang Bank Sampah Budi Luhur

Kolaborasi Universitas Budi Luhur dan PT Pegadaian Wujudkan Ruang Kreatif Dan Wisata Edukasi Daur Ulang Bank Sampah Budi Luhur

PT. Pegadaian (Persero) telah meresmikan pembukaan The Gade Creative Lounge dan Bank Sampah Budi Luhur pada hari Kamis, 31 Maret 2021 di Universitas Budi Luhur Jakarta. Peresmian ini dihadiri oleh Rektor Universitas Budi Luhur Bapak Dr.Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M. ; Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Bapak Kasih Hanggoro, MBA serta Bapak Dr. Damar Latri Setiawan selaku Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian didampingi bersama Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN, Bapak Agus Suharyono.


Peresmian The Gade Creative Lounge dan Bank Sampah Budi Luhur ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bapak Dr. Damar Latri Setiawan dan Bapak Dr.Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M. didampingi oleh Bapak Agus Suharyono dan Bapak Kasih Hanggoro, MBA. Peresmian ini salah satu implementasi kerja sama Universitas Budi Luhur dan PT. Pegadaian (Persero) sejak tahun 2019.


Universitas Budi Luhur menerima hibah pembangunan The Gade Creative Lounge ini sebagai salah satu wujud kepedulian PT. Pegadaian (Persero) untuk menuangkan kreativitas mahasiswa dalam berbagai bidang dengan nuansa millennials, khususnya dalam masa pandemic Covid-19.

Tumbuhnya kreativitas mahasiswa merupakan bagian dari membangun SDM juga termasuk tujuan BUMN yang secara konsisten membangun anak-anak bangsa.


Sedangkan, pemberian hibah renovasi Bank Sampah Budi Luhur kepada Universitas Budi Luhur sebagai wujud kepedulian dan CSR PT. Pegadaian (Persero) terhadap lingkungan hidup khususnya pengelolaan sampah sesuai dengan sustainable development goals.


Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT. Pegadaian (Persero) menyampaikan alasan pemilihan Universitas Budi Luhur karena selama ini diketahui bahwa Universitas Budi Luhur telah memiliki pengelolaan sampah secara organik dan anorganik sejak 8 tahun yang lalu dan telah memiliki nama besar. Ini dibuktikan dengan Bank Sampah Budi Luhur mendapat penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta karena Bank Sampah Budi Luhur secara konsisten melakukan pemilahan sampah

Selain itu, PT Pegadaian memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap Bank Sampah Budi Luhur sebagai lembaga pengelolaan sampah dengan kualitas Grade A, sehingga menjadi Bank Sampah percontohan di Indonesia dan menjadikan Bank Sampah Budi Luhur sebagai wisata edukasi daur ulang.

 

Pada kesempatan ini pula dilakukan peninjauan ke Bank Sampah Budi Luhur yang mendemokan proses pengolahan sampah. Kegiatan akhir dalam acara hari ini adalah diadakannya webinar dengan judul Gue Millennials Melek Financials yang diikuti sekitar 1029 peserta mahasiswa Universitas Budi Luhur.

Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., MM. menyampaikan terima kasih dan penghargaan bagi PT. Pegadaian atas bantuan dan kerja sama selama ini yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dosen maupun para masyarakat sekitar untuk mengelola sampah secara baik, ” Kolaborasi antara Universitas Budi luhur dan Pegadaian terhadap Bank Sampah Budi Luhur sehingga menjadikan wisata edukasi daur ulang yang diharapakan dapat bermanfaat bagi masyarakat di lingkungan hidup” Ungkap Rektor Universitas Budi Luhur.

Universitas Budi Luhur telah mencatatkan prestasi positif terkait pengelolaan sampah dilingkungan masyarakat serta menjadi motivator dalam hal pengelolaan di lingkungan perguruan tinggi. Hal ini sebagai bentuk konsistensi kampus dalam mendorong kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup.

WhatsApp chat