Kegiatan Off Campus Mahasiswa Universitas Kanda Institute Foreign of Languange

Tahun ajaran 2019 Universitas Budi Luhur menerima kedatangan lima mahasiswa Jepang untuk keenam kalinya dari Kanda Institute Foreign of Languange (KIFL), Tokyo. Mahasiswa Jepang ini mengikuti program Belajar Bahasa Indonesia dan Budaya Indonesia di Universitas Budi Luhur. Program ini bertujuan agar mahasiswa Kanda Institute Foreign Languange dapat memahami dan fasih untuk berbahasa Indonesia serta mengetahui budaya Indonesia setelah kembali ke Jepang. Pelaksanaan program pembelajaran tidak hanya berada di kelas, tetapi juga diberikan pengalaman langsung untuk mendalami bahasa dan budaya Indonesia melalui kegiatan luar kampus (off campus activity). Selama di Indonesia, Mahasiswa KIFL telah mengunjungi beberapa destinasi terkait dengan unsur-unsur budaya Indonesia seperti Taman Mini Indonesia, beberapa museum.

Jumat, 1 Maret 2019 Mahasiswa-Mahasiswi Jepang melakukan kegiatan kampus di Bandung dan didampingi oleh salah satu dosen Universitas Budi Luhur Anindya putri. Selama berada di Bandung, Mahasiswa dan pendamping menginap di Hotel Moxy selama satu malam untuk dua hari. Di Bandung, mahasiswa-mahasiswi Jepang mengunjungi Saung Angklung Udjo di Jl. Padasuka No. 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Bandung. Di sini mahasiswa Jepang mendapatkan edukasi seputar kerajinan bambu, workshop alat musik bambu, dan berbagai pertunjukan. Pada sesi pertunjukan, Saung Angklung Udjo menampilkan demonstrasi Wayang Golek, Upacara Heleran, Seni Tradisional. Setelah itu mahasiswa jepang dan para wisatawan bersama-sama belajar menggunakan angklung dan cara membunyikannya disertai iringan musik. Diakhir pertunjukan, Mahasiswa Jepang diajak untuk menari bersama anak-anak lalu berfoto bersama sebagai kenang-kenangan.

Dra. Ririt Roeswidiah, M.Kom selaku Penanggung Jawab Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), menyampaikan tujuan dari adanya kegiatan luar kampus “Mereka tidak hanya belajar bahasa Indonesia tetapi harus mempelajari juga mengenai budaya Indonesia. Untuk mengetahui bagaimana bentuk budaya Indonesia salah satunya dengan mengunjungi tempat wisata yang sangat berkaitan erat dengan budaya Indonesia. Maka dari itu, kita memilih Bandung sebagai tempat kunjungan mahasiswa Jepang pada tahun ini. Alasan kenapa memilih tempat wisata di Saung Angklung Udjo karena pertunjukan terkait dengan terhadap alat musik angklung yang sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia dan sudah dikenal secara international.” ujarnya.

Pada Sabtu, 02 Maret 2019 Mahasiswa Jepang beserta Anidya Putri mendatangi tempat wisata Cihampelas, para mahasiswa Jepang dapat berbelanja sebagai souvenir dari kota Bandung. Selain berbelanja, para mahasiswa Jepang juga merasakan kuliner makanan yang ada di kota Bandung. (penulis:salsabilla)