“Kecanggihan Teknologi di Jepang, membuat saya ingin kembali lagi ke sana”

“Kecanggihan Teknologi di Jepang, membuat saya ingin kembali lagi ke sana”

Jepang, selalu dapat memberikan kesan tersendiri bagi para turis ataupun warganya sendiri. Ghina Rasyida Bunga, seorang mahasiswi International Business Management Study, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur menceritakan pengalamannya selama mengikuti program study trip ke Kanda Institute of Foreign Languange (KIFL) dan Meiji University, Jepang. Ghina beserta rekan-rekan mahasiwa lainnya berkunjung ke negeri sakura selama kurang lebih sepuluh hari. Kunjungan ini didampingi oleh Ibu Mika Suzuki, yang merupakan istri dari Bapak Kasih Hanggoro, MBA, selaku Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti.

Kunjungan ke Meiji University

Implementasi dari kerja sama resiprokal antara Universitas Budi Luhur dengan KIFL dan Meiji University ini dapat memberikan kesan positif kepada para pelakunya. Mahasiswa-mahasiswa yang mengikuti program studi trip ke Jepang ini sangat bergembira. Pengalaman berharga tentunya bisa menjadi buah tangan kembali ke Indonesia.

Makan tumpeng nasi kuning di Kanda Institute of Foreign Language.

Untuk tahun ini di Universitas Budi Luhur ada lima mahasiswa dari KIFL yang mengikuti program pertukaran pelajar selama satu semester, terhitung sejak bulan Januari sampai pertengahan bulan Juni. Para mahasiswa tersebut mengikuti program BIPA. Kerja sama antara KIFL yang sudah terjalin selama tujuh tahun ini terhitung sejak  12 Desember 2013, juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas Budi Luhur untuk dapat berkunjung ke kampus KIFL di Jepang. Jika biasanya mahasiswa KIFL yang kuliah di Universitas Budi Luhur mendapatkan pelajaran budaya yaitu berupa  tarian daerah yang kemudian dipresentasikan ketika ada wisuda di Universitas Budi Luhur, maka kali ini mahasiswa dari Universitas Budi Luhur mempresentasikan tarian Betawi kepada teman-teman mereka di KIFL, Jepang, dan makan tumpeng nasi kuning.

Bukan hanya KIFL, Universitas lainnya di Jepang seperti Meiji University juga dikunjungi oleh mahasiswa Universitas Budi Luhur. Mahasiswa Meiji University yang selalu mengunjungi  Universitas Budi Luhur setiap bulan Agustus adalah kegiatan yang selalu ditunggu-tungu oleh mahasiswa yang ada di kampus biru ini. Kegiatan yang sudah dua kali di dukung oleh Meiji University ialah Budi Luhur Manga Fest, Volunteer Abroad, dan Student Visit for Summer School. Jika kawan-kawan dari Meiji Univeristi sudah sering datang ke Universitas Budi Luhur, maka tahun ini sedikit berbeda. Ada delapan mahasiswa Universitas Budi Luhur yang merupakan gabungan dari berbagai macam fakultas,  seperti Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Teknologi Informasi.

Diharapkan implementasi kerja sama ini dapat tetap terjalin dengan baik, syukur-syukur bisa menghasilkan program-program kerja sama yang lainnya.

 

 

Artikel oleh : Anindya Putri

 

WhatsApp chat