Karya Tugas Akhir Mahasiswa FIKOM Universitas Budi Luhur di Tengah Pandemi Covid-19

Karya Tugas Akhir Mahasiswa FIKOM Universitas Budi Luhur di Tengah Pandemi Covid-19

Jakarta, 21 Juli 2020 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur telah mengadakan screening karya tugas akhir yang dilakukan secara daring via zoom. Dihadiri oleh Bintaro Wicaksono, M.Sn selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Haronas Kutanto, S.PT., M.I.Kom selaku Kepala Konsentrasi Broadcast Journalism, para dosen pembimbing dan peserta tugas akhir.


Screening ini menampilkan sebanyak 8 karya dan nantinya akan melakukan battle screening “Next screening akan dilakukan secara battle screening antara FIKOM Budi Luhur dengan UMY Yogyakarta.” Lanjut Kaprodi FIKOM. 8 karya tersebut terdiri dari film dokumenter, game hingga 3D virtual tour dengan keungulannya masing-masing di antaranya:

Cerita Pendaki (Dokumenter) karya Deby Ayu & Zenith Adam, merupakan karya broadcast journalism berupa film dokumenter tentang pendakian dan memperlihatkan medan Gunung Sindoro untuk menekan angka kecelakaan di gunung dan mengenai sampah.
News Dairy (Dokumenter) karya Heriyanto & Dian Puspita, menceritakan tentang keseharian seorang jurnalis/reporter dari mulai mencari berita, wawancara narasumber, hingga menulis naskah. Dengan mengahadirkan narasumber yang credible di bidang jurnalistik, yang mana semua jurnalis ini adalah lulusan Universitas Budi Luhur.

Melebihi Batas (Dokumenter) karya M.Munip Ghozali & Muhammad Rizky merupakan karya dokumenter mengenai mobil truck yang kapasitas muatannya berlebihan (Over Dimension & Overload) di Tangerang. Sehingga menyebabkan banyak kecelakaan dikarenakan jalanan rusak, berdebu dan licin. Tentunya hal tersebut juga melanggar Undang-Undang.

Pusaka (Game Development) karya Ahmad ThabaThaba’i merupakan karya DKV dalam bentuk game tentang pengenalan senjata tradisional Indonesia yakni kujang yang didukung oleh visual dan cerita yang menarik.
3D Virtual Tour (Aplikasi Dekstop) karya Muhammad Saufa Mahardika, merupakan karya pertama yang dibuat oleh mahasiswa DKV Universitas Budi Luhur, dengan memberikan informasi terkait Budi Luhur seperti unit-unit yang ada di Budi Luhur. Sehingga bagi calon mahasiswa baru bisa mengetahui tiap unit yang ada di Budi Luhur.
Harmoni Salatiga (Dokumenter) karya Ardian Nicolas & Aditya Dwi Putra, bercerita tentang kota Salatiga, Jawa tengah, yang menyandang predikat sebagai kota paling toleran di pulau Jawa. Pesan dari karya ini yakni bisa menjadi contoh dikehidupan nyata masyarakat Indonesia dalam menjaga tali persaudaraan lewat toleransi.

Petani Jantung di Ibu Kota (Dokumenter) karya Andre Feriscca & Ahmad Rizaldi, merupakan karya dokumenter biografi mengenai petani kecil mandiri. Di dalam dokumenter ini memiliki pesan terutama untuk anak-anak muda agar mau lebih mengetahui tentang dunia pertanian.

Explainer Prodi (3D Animasi) karya Rizki Dwi Hapsoro, tentang video eksplainer prodi DKV Budi Luhur yang menginformasikan keseharian mahasiswanya dari masing-masing konsentrasi. Berbentuk animasi 3D dan terdapat di media sosial maupun youtube dari DKV Budi Luhur, dengan gaya desain low poly agar mudah dipahami calon mahasiswa baru maupun masyarakat dalam penyampaian informasinya.
Tentunya membuat karya tugas akhir di tengah pandemi covid-19 seperti ini tidaklah mudah sehingga kita harus lebih kreatif lagi dan memanfaatkan teknologi informasi.

“Kendalanya saat observasi karena masa PSBB hanya bisa dilakukan melalui media sosial namun tidak mematahkan semangat.” Kata Rizki Dwi Hapsoro pembuat karya Explainer Prodi DKV. Harapannya semakin banyak yang berminat untuk bergabung di FIKOM Budi Luhur dengan pilihan tugas akhir disesuaikan dengan passionnya masing-masing.

WhatsApp chat