Kaprodi Manajemen dan Kaprodi HI Beri Motivasi ke Mahasiswa KKN Tanah Abang

Kaprodi Manajemen dan Kaprodi HI Beri Motivasi ke Mahasiswa KKN Tanah Abang

Ketua Program Studi Manajemen Universitas Budi Luhur, Ibu Dr. Dewi Murtiningsih, S.KH., MM, Ketua Program Studi Hubungan Internasional Universitas Budi Luhur, Elistania, SIP, M.Si dan Dosen Pembimbing Lapangan Dra. Zulvia Khalid MM, MPd melakukan kunjungan di tiga tempat KKN Tanah abang-Jakarta Pusat pada 12 Agustus 2019. Kunjungan tersebut diawali ke KKN Petamburan, KKN Karet Tengsin, dan terakhir KKN Kebon Melati.

Kunjungan pertama langsung disambur Ketua KKN Petamburan, Vico Oktovamika, Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis beserta mahasiswa KKN lainnya sedang membantu pendistribusian Pangan Murah yang bertempat di RPTRA Petamburan.

Pangan Murah ini diadakan setiap bulannya oleh Pemerintah Daerah Jakarta, dengan menjual harga sembako dengan harga yang sangat murah seperti telur dijual seharga Rp 10 ribu, beras 5 Liter Rp 30 ribu dan daging ayam seharga Rp 8 ribu.

Acara yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB ini sangat membantu masyarakat sekitar karena dengan adanya bantuan seperti ini masyarakat bisa memenuhi kebutuhan gizi mereka. Selain membantu masyarakat dalam agenda Pangan Murah, Vico mengatakan setiap hari kami mengajarkan anak-anak belajar.

“Setiap hari Senin-Rabu kami membantu untuk mengajar di PAUD dan hari Kamis-Jumat kami mengajarkan anak-anak kecil di RPTRA, dimana setiap sabtunya kami membuka sesi tanya jawab yang apabila anak tersebut dapat menjawabnya kami akan memberikan reward agar mereka lebih semangat dalam belajar,” ucap Vico ketua KKN Petamburan.

Setelah dari lokasi pertama, DPL beserta Kaprodi Manajemen dan Hubungan Internasional pindah ke lokasi kedua yaitu KKN Karet Tengsin. Saat ditemui mahasiswa yang sedang KKN di Karet Tengsin sedang membuat display 10 program kerja PKK yang bertujuan agar masyarakat umum dapat mengetahui program apa saja yang dibuat oleh PKK.

“Display yang kami buat bertujuan agar masyarakat yang mendatangi RPTRA dapat melihat seluruh program yang dibuat dan pagi tadi kami juga melakukan kerja bakti bersama warga sekitar, Agar lingkungan nyaman dan bersih,” ucap Ervinzky Geraldi Ketua KKN Karet Tengsin.

Selain melakukan kerja bakti, Mahasiswa Budi Luhur yang sedang KKN di Karet Tengsin ini juga melakukan belajar mengajar dan medical check up bersama dokter Julia Lestari untuk masyarakat agar masyarakat sekitar wilayah Karet Tengsin bisa memeriksakan sakit mereka.

Kunjungan berakhir dilokasi ketiga yaitu KKN Kebon Melati. Pada lokasi terakhir ini peserta KKN sedang melakukan mural di RPTRA Bonti, sebagai salah satu cara untuk mengekspresikan rasa nasionalisme dan melatih kreativitas anak-anak sekitar RPTRA Bonti.

Octavia Dea Jannah mengatakan “Dengan adanya KKN, kami berharap teman-teman mahasiswa mampu mengimplementasikan segala ilmunya di masyarakat. Selain itu, mahasiswa diharapkan nantinya dapat menjadi agen perubahan di masyarakat dalam berbagai aspek, seperti pendidikan, teknologi dll,” kata Ketua Wilayah Tanah Abang-Jakarta Pusat ini.

Dra. Zulvia Khalid, MM. MPd sebagai Dosen Pembimbing Lapangan sangat mendukung program kerja KKN di tiap-tiap masing wilayah “Saya sangat senang dan mendukung program KKN yang diberikan oleh Mahasiswa bimbingan Saya, sangat kreatif. Saya berharap semoga Mahasiswa yang sedang KKN disini juga belajar untuk mandiri dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” ucap DPL yang biasa disapa Ms. Eva.

Senada dengan Ms. Eva, Ketua Program Studi Manajemen Dr. Dewi Murtiningsih, S.KH., MM mengatakan “Saya senang dapat melihat langsung kreativitas dari mahasiswa yang sedang menjalani KKN saat ini, saya berharap agar mahasiswa ini dapat menjaga kesehatan supaya dapat membantu masyarakat sekitar dengan maksimal dan membawa kenangan baik terhadap masyarakat,” katanya.

Penulis: Witriani

 

WhatsApp chat