[:id]Japanese Seminar Series : CEO Panasonic Manufacturing Indonesia[:]

[:id]Japanese Seminar Series : CEO Panasonic Manufacturing Indonesia[:]

[:id]DSC_0950

Sebagai seminar terakhir dalam rangkaian “Japanese Seminar Series”, Universitas Budi Luhur menghadirkan CEO PT Panasonic Manufacturing Indonesia Mr. Ichiro Suganuma pada Sabtu 24 Oktober 2015 ke dalam kampus. Seminar dibuka oleh Ratnaningsih MBA, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Budi Luhur. Di hadapan sekitar 250 mahasiswa dan para sesepuh Universitas Budi Luhur yang menghadiri seminar ini, Mr. Suganuma menyampaikan rasa syukurnya bahwa kerjasama PT Panasonic dan PT Gobel memiliki sejarah dan kenangan yang sangat indah dengan bangsa Indonesia.

DSC_0943Drs. H. Thayeb Moh. Gobel mendirikan PT Transistor Radio Manufacturing pada tahun 1954 dan merupakan pabrik radio transistor pertama di Indonesia. Setelah Gobel bertemu Konosuke Matsushita, pendiri PT Panasonic Electric Industrial Co. Ltd., dan menyepakati kerjasama, Panasonic – Gobel pada tahun 1962 juga menghasilkan televisi hitam putih pertama di Indonesia yang kemudian diserahkan kepada Ibu negara Indonesia Fatmawati Soekarno. Saat ini, kerjasama kedua bangsa dalam PT Panasonic Gobel Indonesia tetap berjalan dengan harmonis. Seolah tak mau mengakhiri kebersamaan yang indah bersama sejarah Indonesia ini, sampai hari ini PT Panasonic mendukung usaha mempopulerkan indahnya kemegahan Candi Prambanan sebagai warisan budaya dunia dengan memberikan pencahayaan LED.

DSC_0861Dalam materi pokok seminar, Suganuma menyampaikan judul “Hitozukuri for Monozukuri” atau “Make People before Product” atau “Menciptakan Manusia sebelum Menciptakan Barang”, sebagai prinsip manajemen yang digunakan PT Panasonic. Hitozukuri atau menciptakan manusia dilakukan dengan membentuk pola pikir dan mengubah perilaku; membangun kapasitas kerja; membangun komitmen terhadap standart yang diminta.

panasonic bu ratnaBila sudah terbentuk, otomatis manusia tersebut akan memiliki monozukuri yaitu kebanggaan, keterampilan dan dedikasi dalam bekerja. Tanpa itu manusia tidak memiliki semangat menghasilkan produk yang terbaik. Pada akhir seminar Suganuma menyerahkan secara simbolis buku Filsafat Manajemen Praktis Konosuke Matsushita kepada seluruh peserta dan panitia.

DSC_0910Dengan demikian tuntaslah rangkaian Japanese Seminar Series 2015 yang diselenggarakan Universitas Budi Luhur dengan dukungan Kedutaan Jepang untuk Republik Indonesia yang menghadirkan: Honda, Toyota, Ajinomoto, Panasonic.

DSC_0898[:]

WhatsApp chat