Jakarta, 2 Juli 2024 – Universitas Budi Luhur berkomitmen melibatkan pemuda dalam upaya perlindungan lingkungan dan mitigasi perubahan iklim. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Universitas Budi Luhur dengan bangga menyelengarakan ASEAN+ Youth Environmental Action (AYEA) 2024.

Acara internasional yang akan berlangsung dari 27 hingga 30 Juni 2024 ini mengundang 70 pemuda dari 29 negara ASEAN dan negara-negara sahabat, serta ratusan pemuda Indonesia dari berbagai kalangan siswa dan mahasiswa.

Mengangkat tema “Heat Up the Plans, Cool the Earth: Collaborative Southeast Asian Youths Action for Climate Change Mitigation”, AYEA 2024 dirancang dengan berbagai rangkaian kegiatan menarik selama 4 hari.

Kegiatan-kegiatan tersebut mencakup Environmental Dialogue, FGD dan Pleno, Lomba dan Diskusi Fotografi Lingkungan, Debate Competition, Lomba Mewarnai dan Melukis, Lomba Kreasi Kuliner Ampas Kedelai, Climate Music Festival, Environmental Campaign, Stand Exhibition.

Kemudian puncak acara akan diisi Awarding Night yang meriah, dan ditutup dengan aksi penanaman 6.000 pohon sebagai bentuk aksi nyata mitigasi lingkungan yang akan dilakukan di Baduy Luar, wilayah di bumi Indonesia yang masyarakatnya memiliki cinta besar terhadap kesuburan tanah Indonesia.

AYEA 2024 juga akan menghadirkan aktivis lingkungan muda ternama Aeshnina Azzahra serta influencer Mischka dan Devon. Fotografer profesional Don Hasman dan Arbain Rambey turut berpartisipasi, serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang akan menyampaikan keynote speech pada sesi Environmental Dialogue.

Dari kegiatan ini, akan lahir “Budi Luhur Declaration” dan “Policy Brief” yang nantinya disebarluaskan ke media untuk mendapatkan perhatian masyarakat luas.

Universitas Budi Luhur, sebagai perguruan tinggi yang selalu mengedepankan nilai kebudiluhuran, mendukung penuh acara ini sebagai wujud nyata implementasi kebaikan tidak hanya antarsesama manusia, namun juga terhadap lingkungan.

AYEA 2024 juga mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Pegadaian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Luar Negeri, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Tamron, Synergy Policies, HaloFoto, dan Xozo.

Rektor Universitas Budi Luhur (UBL), Agus Setyo Budi, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat atas dukungan mereka dalam kegiatan ini.

“Terima kasih kepada mitra pendukung media yang selalu menemani selama acara. Dan tidak kalah pentingnya, terima kasih buat teman-teman Tunas Muda Budi Luhur atas terselenggaranya acara ini,” ujar Agus dalam sambutannya di Universitas Budi Luhur, Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Agus berharap kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan dengan peningkatan kualitas dan kuantitas di masa mendatang.

“Kami dari pihak rektorat tentunya menjadikan event ini sebagai annual event dan akan kami tingkatkan kedepannya baik secara kualitas maupun kuantitas,” tuturnya.