[:id]FTI UBL Juara 2 Lomba MCC (Mathematic Computation Competition)[:]

[:id]FTI UBL Juara 2 Lomba MCC (Mathematic Computation Competition)[:]

[:id]

mcc1

PARSIAL 2016 yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta telah mengantarkan Tim Blu Stack Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur sebagai juara 2 dalam kompetisi Mathematic Computation Competition (MCC).

Kompetisi tingkat regional tersebut merupakan salah satu ajang untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah terhadap implementasi algoritma sebagai konsep pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari. Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur mengirimkan satu tim dengan nama Blu Stack yang beranggotakan dua mahasiswa program studi Teknik Informatika yaitu Zakaria Andy Saputro dan Fajar Andi Yuliantountuk berlomba di kompetisi tersebut.

Dengan makalah ilmiahyang berjudul “Sistem Pendeteksian Tingkat Kemiripan Dokumen Tugas Mahasiswa Dengan Metode Vector Space Model Pada Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur” berhasil membawa tim Blu Stack lolos ke babak semifinal menyingkirkan peserta dari berbagai perguruan tinggi lainnya.

Babak semifinal berlangsung pada hari Jum’at, 18 Maret 2016. Semifinal diselenggarakan di gedung Teater Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dengan sesi wawancara terkait abstrak penelitian oleh 3 juri yang merupakan dosen dari Universitas Islam Negeri Jakarta sendiri. Sesi wawancara dilakukan oleh juri untuk mengetahui gambaran umum tentang penelitian yang dilakukan oleh peserta, wawancara ini dilakukan di ruang tertutup dimana tim lainnya menunggu di luar ruangan menunggu giliran.

Setelah proses penilaian juri selama kurang lebih satu jam, pengumuman peserta yang lolos ke babak final pun segera diumumkan. Berikut beberapa tim yang berhasil lolos ke babak final  Mathematic Computation Competition:
mcc2
1. Duck Head (Universitas Islam Negeri Jakarta)
2. BLU STACK (Universitas Budi Luhur)
3. Siap 16 (Insitut Pertanian Bogor)
4. Matana University (Universitas Matana)
Pada babak final, peserta diharuskan mempresentasikan hasil karya ilmiahnya di hadapan dewan juri dan peserta lainnya. Pada sesi ini tim Blu Stack menjelaskan tentang metode Vector Space Model yang digunakan pada sistem pendeteksian tingkat kemiripan dokumen tugas mahasiswa. Yang mana melalui pengembangan sistem ini diharapkan dapat menekan tingkat  plagiarisme yang terjadi di kalangan mahasiswa.

Hingga pada akhirnya pada acara puncak PARSIAL yang diselenggarakan pada Sabtu 19 Maret 2016 di Auditorium Harun Nasution berbarengan dengan acara seminar nasional
“Informatech”.Diumumkanlah juara 1 dan 2 dari kompetisi MCC ini. Dimana juara 1 berhasil diraih oleh tim Siap 16 dari IPB, dengan disusul di peringkat ke 2 oleh tim Blu Stack dari  Universitas Budi Luhur.[:]

WhatsApp chat