FIKOM Universitas Budi Luhur Jalin Kerjasama Magang Dengan Dinas Kominfo Kota Tangerang

FIKOM Universitas Budi Luhur Jalin Kerjasama Magang Dengan Dinas Kominfo Kota Tangerang

Jakarta, 4 Juni 2021.

Sebagai penerapan kurikulum merdeka di Perguruan Tinggi di Indonesia, maka Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur melakukan kerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Tangerang, mengenai kerjasama “Program Magang”.


Penandatangan Kerjasama & penyerahan MOU antara Pemkot Tangerang dengan Universitas Budi Luhur dilakukan di Ruang Rapat Tangerang Live Room dihadiri oleh Direktur Kerja Sama Universitas Budi Luhur: AMB Sunten Z Manurung, S.H., Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi: Dr. Nawiroh Vera, M.Si., Ketua Program Desain Komunikasi Visual : Benny Muhdaliha, M.Sn., Kepala Konsentrasi Digital Media & Advertising:Artyasto Jatisidi, M.I.Kom., Kepala Konsentrasi Broadcast Journalism: Haronas Kutanto, M.I.Kom, mahasiswa LMK Universitas Budi Luhur, Kepala Dinas Kominfo: Mulyani, SE.MM.Ak.CA., Kepala Bidang e-Goverment Dinas Kominfo: Rizky Febriyanto Sunaryo, S.Kom., Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Tangerang: Drs. Gunawan Priahutama, dan Yunita Virdianti, S.I.Kom., M. Comn. Kepala Seksi Pengembangan Kemitraan dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo.

Hasil dari kunjungan ini, yaitu dengan disepakatinya kerjasama kegiatan Magang untuk membantu mewujudkan Kota Tangerang sebagai Kota Pintar melalui program pemerintah: Program Kelompok Informasi Masyakarat (KIM). Program Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), merupakan kelompok yang dibentuk dan dikelola masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif. Program pembinaan dan pemberdayaan KIM TA 2021 memfokuskan kepada kegiatan yang bersifat berkesinambungan dan melibatkan fungsi KIM sebagai agen informasi di wilayahnya masing-masing.

“Dasar melakukan kerjasama ini adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk kepentingan bersama mayoritas mahasiswa Budi Luhur 60% adalah warga Tangerang sehingga Merdeka Belajar Kampus Merdeka sejalan dengan program Kominfo Tangerang, ini merupakan suatu kerjasama yang baik untuk dilakukan,” ujar Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, Dr. Nawiroh Vera, M. Si.


Sinergi pembalajaran dalam Ilmu Komunikasi Siap Merdeka akan mampu memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa. Selain itu mampu mengembangkan kemandirian dalam mendapatkan dan menemukan pengetahuan dan dinamika di lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kerja, target dan pencapaiannya. Melalui program Ilmu Komunikasi Siap Merdeka yang dirancang serta diimplementasikan dengan baik, maka hard skills dan soft skills mahasiswa akan terbentuk dengan seimbang.

“Perjanjian Kerjasama Kominfo Kota Tangerang dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhurini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman dengan Universitas Budi Luhur yang sudah ditandatangani oleh Rektor beserta Walikota Tangerang mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kedua pihak sangat ingin mengambil manfaat dari kerjasama ini guna mendukung program dari Kominfo yaitu KIM dan juga mendukung kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui program Magang,” ujar Mulyani, SE.MM.Ak.CA Kepala Kominfo Pemkot Tangerang.


Program Ilmu Komunikasi Siap Merdeka diharapkan dapat menjawab tantangan kepada Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur dalam menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan jaman, kemajuan IPTEK, kebutuhan dunia usaha dan dunia industri serta masyarakat.

WhatsApp chat