Program Belajar Bhs Indonesia: Kanda Institute of Foreign Language Program di UBL

Program Belajar Bhs Indonesia: Kanda Institute of Foreign Language Program di UBL

kanda2Pada bulan Januari 2015 Universitas Budi Luhur menerima 7 (tujuh) orang Mahasiswa KIFL (Kanda Institute Of Foreign Language) Jepang untuk mempelajari Bahasa dan Budaya Indonesia selama 1 semester terhitung mulai Januari sampai dengan Juni 2015

kanda7Program ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama yang telah ditandatangi oleh Rektor Universitas Budi Luhur dan Presiden Kanda Institute of Foreign Language (KIFL) pada tanggal 12 Desember 2013.

Program belajar dilaksanakan dalam kelas dikemas dalam 10 matakuliah . Selain kegiatan di dalam kelas, diberikan kegiatan luar kampus ( off campus activity ) yang mana merupakan kegiatan pengenalan tempat – tempat di seputar Jakarta dan Yogyakarta yang terkait dengan unsur pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia . Keseluruhan kegiatan luar kampus dituangkan dalam bentuk Laporan yang dikumpulkan di akhir dari keseruluhan kegiatan.

kanda1Selama di Indonesia, ke 7 Mahasiswa KIFL berbaur dengan Mahasiswa Budi Luhur. Untuk setiap Mahasiswa ditunjuk teman pendamping dari mahasiswa dari Program International dan kelompok Mahasiswa Pencinta Budaya Jepang di Budi Luhur (Jancubu)

Penunjukkan teman pendamping ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Mahasiswa dalam praktek komunikasi di luar kelas secara informal, selain juga untuk membantu Mahasiswa bila ada informasi mengenai kehidupan sehari hari yang dibutuhkan.

kanda3Selain Mahasiswa pendamping, ditunjuk pula Dosen Pendamping untuk setiap Mahasiswa dengan tujuan memantau perkembangan kemampuan Mahasiswa dalam berbahasa dan penyerapan budaya Indonesia.

20150629_183501Selama menempuh pendidikan di BIPA Budi Luhur, Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan ekstarkurikuler seperti olah raga atau kesenian ( tari daerah.)

kandaEvaluasi pembelajaran dilakukan dengan melakukan Test yang disebut sebagai UTS dan UAS, Tugas harian serta Penulisan Laporan.

kifl

Pada tanggal 4 Juli 2015, 7 mahasiswa tersebut kembali ke jepang untuk melanjutkan studi di kampus mereka masing masing dengan harapan membawa pengetahuan bahasa Indonesia di Jepang

kanda4

.

WhatsApp chat