Home » Digital Advertising

Digital Advertising

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur memberikan ruang kepada Mahasiswa untuk mendalami Ilmu Komunikasi dengan beberapa jalur peminatan atau konsentrasi. Salah satu konsentrasinya yaitu:

Periklanan Digital

Peminatan yang menawarkan peserta studi untuk menjadi komunikator yang handal, mengembangkan strategi dalam menyelesaikan sebuah project periklanan digital, menganalisa unique selling point, mengembangkan konsep kreatif periklanan yang berbasis digital, pemilihan jenis media digital yang tepa, mengawasi proses penyampaian pesan agar berhasil, efektif & efisien.

Prospek Lulusan
Lulusan Konsentrasi Periklanan digital dalam prospek kerja, dapat diserap oleh instansi pemerintahan dan perusahaan swasta dalam kaitannya dengan bidang iklan digital, media sosial, maupun media massa. Perkembangan media digital (media sosial, e-commerce, portal berita dan media online lainnya) yang begitu pesat saat ini juga berpengaruh terhadap animo masyarakat terhadap suatu brand di dunia digital. Artinya periklanan ataupun industri kreatif adalah sosok dibalik kesuksesan kampanye suatu brand tersebut sehingga mampu merebut hati para calon konsumen. Munculnya agensi-agensi periklanan atau industri-industri kreatif baru menjadikan prospek lulusan konsentrasi ini akan menjadi sangat dibutuhkan untuk diserap dalam industri kreatif tersebut

Adapun prospek lulusan dari Advertising FIKOM Budi Luhur adalah:

Profil Profesi Deskripsi Profil
Account Executive/ Project Manager memiliki kemampuan untuk memahami untuk mengidentifikasi kebutuhan dari setiap klien. Juga mampu untuk mengumpulkan, menganalisis dan mengorganisasikan informasi dari client dan menyampaikannya kepada tim internal. Mampu menglola proyek periklanan dan harus memiliki kemampuan negosiasi.
Marketing Communication Officer Memiliki kemampuan mengalisis merek, pasar, khalayak sasaran, hingga merencanakan dan menyusun perencanaan dan proposal komunikasi pemasaran. Memiliki kemampuan presentasi, negosiasi, dan berinteraksi pada level interpersonal maupun organisasional di lingkungan kerja. Mampu menentukan strategi promosi dan media yang digunak
Strategic Planner/Digital Strategist Memiliki kemampuan untuk menganalisis brand profile klien beserta insights yang melingkupinya (market insights, consumer insights, competitor insights, dsb) secara komprehensif berdasarkan client brief yang sudah disusun oleh Account Executive.
Media Planner Memiliki kemampuan untuk membuat rencana kegiatan media untuk mengkomunikasikan satu pesan ke satu sasaran di waktu yang tepat dan frekuensi yang tepat. Tujuan dari satu rencana kegiatan media tersebut adalah agar menjadi efisien, yaitu untuk memperoleh keuntungan maksimal pada biaya minimum. Mampu memahami media buying.
Copywriter Memiliki kemampuan membuat konsep kreatif periklanan dan merangkai konsep tersebut dalam bahasa iklan. Mampu menulis, merangkai, menyunting bahasa iklan di berbagai saluran komunikasi pemasaran.
Native Ad Creator Mampu merancang karya periklanan yang dapat merefleksikan ide atau gagasan yang diusung atau dapat juga merepresentasikan pesan dari sebuah brand. Serta juga memiliki kemampuan untuk terlibat dalam beragam proses produksi yang terdapat dalam agensi periklanan.

 

Tujuan Khusus
Mampu untuk menjadi pengkaji masalah komunikasi yang dihadapi dengan mengkonsepkan dan mengeksekusi pesan secara kreatif, efisien dan efektif melalui media digital. memiliki keterampilan dan kemampuan menciptakan gagasan, merancang, menulis, mengeksekusi pesan iklan dalam media digital. Pula dalam mengembangkan konsep, selalu berlandaskan teori dan juga mempertimbangkan konteks sosial, politik, budaya, ekonomi, pendidikan, maupun bidang lainnya. Mampu secara konsisten mengelola dan memproduksi pesan iklan dan karya seni sesuai kaidah dan standar prosedur dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi mampu mengembangkan jiwa enterpreneurship di bidang industri periklanan digital yang kreatif sebagai pengembangan profesi dan usaha. mampu bekerja dengan memperhatikan norma-norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, menjadi insan yang bermoral, berkarakter, berahlak mulia dan berbudi pekerti luhur.

Untuk Informasi lebih lanjut kunjungi website: http://fikom.budiluhur.ac.id