Cara Kreatif Universitas Budi Luhur Lakukan Orientasi Peserta Didik Baru 2020 Secara Daring

Cara Kreatif Universitas Budi Luhur Lakukan Orientasi Peserta Didik Baru 2020 Secara Daring

Jakarta, 14 September 2020. Universitas Budi Luhur menyelenggarakan pengenalan kampus atau orientasi pendidikan (Ordik) bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021 selama tiga hari, yang berlangsung dari 14-16 September 2020 dengan mengangkat tema “Adaptif, Kreatif, Inovatif dan Berbudi Luhur di Era Kebiasaan Baru”. Mahasiswa baru angkatan 2020 telah jadi angkatan yang istimewa, karena harus menjalani ordik secara daring untuk pertama kalinya.

Kebijakan ini mengacu pada Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) telah mengeluarkan panduan khusus mengenai pengenalan kampus (Ospek) mahasiswa baru (Maba) tahun 2020 yang pada intinya pengenalan kampus tidak boleh dilakukan secara tatap muka.
Sebanyak 1200 lebih mahasiswa baru mengikuti ordik online dengan menggunakan platform Zoom, mahasiswa baru menerima materi mulai dari gerakan revolusi mental, bela negara, anti narkoba dan anti radikalisme hingga wawasan berbudi luhur.
Maba juga mengenakan kaos ordik yang telah dibagikan sebelumnya bersama dengan kartu perdana gratis 30 gb kuota untuk dapat mengikuti ordik online.

Dalam sambutan pembukaan ordik online Rektor Universitas Budi Luhur mengatakan bahwa mahasiswa baru tetap akan mendapatkan pengalaman yang menarik dan berkesan meskipun dilakukan secara daring.
“Pelaksanaan ordik di kampus Budi luhur terpaksa kita lakukan secara online dalam rangka mencegah penyebaran covid-19. Namun demikian dalam rangka upaya memberikan kenangan dan kesan yang mendalam kita tetep berupaya agar acara ordik ini berlangsung dengan baik menarik dan bermanfaat. Agar kedepannya para mahasiswa baru dapat berperan aktif dalam membentuk manusia-manusia yang cerdas dan berbudi luhur, karena hal tersebut adalah suatu kebutuhan untuk menjadikan manusia menjadi orang yang baik dan bermanfaat bagi sesama ciptaan Tuhan.” Kata Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M.

https://www.budiluhur.ac.id/cara-kreatif-universitas-budi-luhur-lakukan-orientasi-peserta-didik-baru-2020-secara-daring/
Pemarapan materi ordik online Universitas Budi Luhur yang bertemakan Revolusi Mental oleh David Simbar, M.B.A., M.Min selaku Founder AkuBelajar ID

Jika biasanya ospek identik dengan perpeloncoan lewat ordik online ini justru maba di ajak untuk menjadi kreatif dengan beragam games dan lomba mulai dari lomba vlog bertemakan ‘Berbuat Baik di Lingkungan Rumah’, ‘Kehidupan New Normal di Lingkungan Rumah’, ‘Bela Negara, Anti Narkoba dan Anti Radikalisme’ serta lomba video iklan layanan masyarakat ‘Stop Hatespeech, Tebar Kebaikan dan Bijak Bersosial Media’.

Dalam kesempatan yang sama Selvin Kristiani salah satu mahasiswa baru mengungkapkan jika ia tidak merasa bosan selama ordik mengikuti ordik online ini.

“Ordiknya berjalan dengan lancar dan baik, walaupun dilaksanakan secara online, kami (maba) tidak merasa bosan mengikutinya karena banyak materi-materi penting yang dibagikan, ditambah lagi ada kuis yang sangat seru”, ungkapnya.

Sedangkan Septian Aji Saputra (maba) berpesan untuk selalu semangat dalam belajar meski semua kegiatan perkuliahan masih dilakukan secara daring.

“Untuk kami para mahasiswa baru, semangat belajarnya meski perkuliahan masih dilakukan secara jarak jauh”, ungkapnya.
Agar ordik online ini lebih berkesan, maka di hari terakhir adanya sesi penyematan jas almamater dari orang tua maba, sebagai tanda kebanggaan orang tua kepada anaknya yang telah menjadi mahasiswa.

Walaupun secara online, Universitas Budi Luhur mengajak para maba untuk meramaikan keseruan ordik online dengan mengadakan games online
Walaupun secara online, Universitas Budi Luhur mengajak para maba untuk meramaikan keseruan ordik online dengan mengadakan games online dalam bentuk kuis

Sesuai dengan tema ordik online Universitas Budi Luhur, maka diharapkan para mahasiswa baru dapat adaptif menyesuaikan diri di tengah kebiasaan baru, kreatif dalam memanfaatkan teknologi dan jadi suatu pembuktian mahasiswa dalam menyikapi perubahan yang luar biasa.

WhatsApp chat