Budi Luhur Raih Best Paper di Global Conference on Business and Social Science 2019

Ketua Program Studi Magister Manajemen Ibu Dr. Setyani Dwi Lestari, M.E mendapatkan Best Paper dalam International Conference 9th Global Conference on Business and Sosial Science on Contemporary Issues in Managament and Sosial Science Resarch di Maldives, pada 19 – 20 Juni 2019.

Mengangkat tema “Human Resources” Tim dari Universitas Budi Luhur berhasil mengalahkan 150 papers yang masuk dan 32 negara dari 5 benua di seluruh dunia. Seperti Saudi Arabia, Kanada, Amerika Inggris, Colombia, Hungaria, Rusia, Ceko, Portugal, seluruh negara di ASEAN dll.

Peserta dalam Conference ini selain dari Universitas Budi Luhur juga dari PTS dan PTN terbaik di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Terbuka, Universitas TELKOM, Universitas Negeri Malang, Univ Airlangga, IPB, Binus dll.

Ibu Dr. Setyani Dwi Lestari mengatakan, “Dalam paper tim kami membahas tentang bagaimana selama ini kecelakaan di Indonesia meningkat dari tahun 2013 – 2017 khususnya pada Kereta Api Indonesia. Menurut catatan hasil investigasi di Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tahun 2018 sebanyak 33,3 persen penyebab utama kecelakaan KAI di Indonesia adalah critical human resource,” jelasnya.

“Sehingga faktor K3, Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja wajib menjadi rencana strategis di masa mendatang, sebagai solusi sebesar 90% bagi berkurangnya kecelakaan kereta api di Indonesia,” tambahnya.

Dengan meningkatkan K3, kesiapan para pekerja untuk selalu menyediakan tempat apakah lingkungan berbahaya atau tidak, apakah lingkungan lebih aman, lingkungan kerja di KAI kenyamanan pekerja, penggajiannya, karir, kondisi masa depan pekerja itulah yang meningkatkan pekerja dan asuransi bagi pekerja KAI.

Dari beberapa faktor solusi diatas dapat disimpulkan Best Paper Magister Manajemen ini memliki metode Struktural Equation Model terbaru. “Disini kami menemukan metodologi baru yaitu dengan memperhatikan K3, Lingkungan pekerjaan, dan Penggajiannya itu menentukan dampak pada efektivitas pekerja secara fikis, organisasi dan perusahaan BUMN.
“3 faktor tersebut tidak bisa dipisahkan dan solusi tersebut 90 persen solusi tersebut berpengaruh baik untuk pengelola KAI secara intergrated,” ujarnya.

Ibu Setyani tidak sendiri dalam penyusunan paper ini, ia dibantu dengan beberapa rekan yaitu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Putri Nafiana, MM, Yuwono, MM dan Dr. Amir Indrabudiman P, SE, MM, Putri Nafiana dan tim rutin menggunakan transportasi KAI Jakarta-Surabaya.

Dalam proses pembuatan paper kurang lebih hampir 1 tahun “Pembuatan paper ini kurang lebih 1 tahun dalam pembuatannya. Niat awal kami akan mengirimkan ke Korea, namun karena waktu yang mepet akhirnya kami matangkan lagi dan kami kirim ke Maldives ini,” ucapnya.

Setelah pengiriman paper Ibu Setyani di contact oleh editor dari Eropa menyatakan bahwa paper yang dikirimkan adalah masuk kedalam jurnal dengan quality tinggi yaitu Scopus Q2. “Setelah kami kirim paper, kami dikabarkan untuk lebih memperbaiki paper sebelum dipresentasikan, dalam proses perbaikan paper tersebut kami ditunggu dalam waktu 2-3 jam saja, dan perbedaan waktu 5 jam di Eropa kami tetap semangat mengerjakan nya,” katanya.

Hasil kerja keras Kepala Program Studi Magister Manajemen Ibu Dr. Setyani Dwi Lestari dan tim ini membuahkan hasil manis. Masuk dalam Best Paper dalam bidang human resource. Best paper ini juga akan di terbitkan di Jurnal Q2 Eropa yaitu Journal of Security and Sustainability Issues reguler Issue tahun 2019.

Penulis: Witriani

Editor: SA