Kerjasama Univ Budi Luhur dan Asia University Jepang

Kerjasama Univ Budi Luhur dan Asia University Jepang

Universitas Budi Luhur (UBL)  semakin memantapkan visinya untuk menjadi universitas unggul. Untuk mencapai visi tersebut, UBL telah melakukan sejumlah kerjasama dengan berbagai institusi baik dari dalam maupun luar negeri. Pada tanggal 21 Februari 2013, UBL menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Asia University, Jepang.

Penandatanganan dilakukan di kampus Asia University, Tokyo Jepang oleh Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D (Rektor Universitas Budi Luhur) dan Dr. Masahiro Ikejima (Presiden Asia University) dengan disaksikan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Bapak Kasih Hanggoro, MBA.

MoU menyepakati beberapa hal utama kerjasama. Kedua pihak menyetujui untuk melakukan kerjasama dan pertukaran akademik baik di tingkat staf maupun mahasiswa dan juga kerjasama di bidang riset maupun publikasi akademik lainnya. Selain kegiatan akademik, MoU antara UBL dengan Asia University juga menyepakati kerjasama di bidang kebudayaan, untuk mengenal lebih lanjut kebudayaan Indonesia dan Jepang.

Penandatanganan dilanjutkan dengan diskusi mengenai langkah pelaksanaan dari MoU. Pihak Asia University sangat tertarik dengan program pengabdian masyarakat dari UBL yaitu Rumah Cerdas Berbudi Luhur (RCBL) yang ada di desa Madurejo (Prambanan) dan desa Gantiwarno (Klaten). Melalui program RCBL, diharapkan mahasiswa-mahasiswa dari Jepang bisa lebih mengenal langsung budaya bangsa Indonesia dengan terjun langsung ke masyarakat. Sedangkan bagi UBL, kehadiran mahasiswa dari Jepang dapat memberi nilai tambah tersendiri dalam membuka wawasan mereka terhadap dunia, terutama kebudayaan Jepang.

Sebagai langkah awal pelaksanaan MoU tersebut, pada hari Senin, 4 Maret 2013, pihak Asia University mengirimkan perwakilannya yaitu Ayako Masuhara, Ph.D di dampingi oleh Takahiro Hasuike dan ibu Takadono dengan mengadakan kunjungan ke kampus Budi Luhur.

Kerjasama dengan Asia University ini merupakan salah satu langkah nyata dari UBL untuk terus menyiapkan diri menghadapi tantangan global. Kerjasama dengan pihak luar akan terus ditingkatkan dengan tetap memegang teguh prinsip “Cerdas Berbudi Luhur.”

WhatsApp chat