APTIKOM Delivering Education Online – International Best Practices: Pertukaran Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Bersama Archarya Institutes Bangalore India

APTIKOM Delivering Education Online – International Best Practices: Pertukaran Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Bersama Archarya Institutes Bangalore India

Jakarta, 04 Juli 2020 Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) telah menyelenggarakan webinar Internasional secara virtual dengan mengangkat tema “Delivering Education Online – International Best Practices” dengan menghadirkan narasumber Prof. Vikram A G dari Acharya Institutes Bangalore India, Prof. Zainal A. Hasibuan selaku Ketua APTIKOM, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M selaku Ketua Kerjasama Internasional APTIKOM Universitas Budi Luhur, Dr. Nina Kurnia Hikmawati, SE., MM selaku Wakil Sekretaris jenderal 1 APTIKOM Urusan Eksternal Universitas Komputer Indonesia dan Dr. Eri Prasetyo Wibowo selaku Ketua Klaster 3 Pengembangan Kerjasama APTIKOM Universitas Gunadarma. Webinar ini dipandu oleh Ravi Makhija selaku TIE UPS Internasional.

Webinar ini merupakan bentuk implementasi kerjasama dengan lembaga pendidikan luar negeri di antaranya sharing mata kuliah, kurikulum, pengetahuan, dengan menghadirkan dosen dari luar negeri. Seperti yang dilakukan Prof. Virkram A G dari Acharya Institutes Bangalore India, beliau menjelaskan bagaimana perbedaan saat kuliah di kelas dan kuliah secara online pada masa pandemi seperti ini. Kemudian dilanjutkan oleh Prof. Zainal A. Hasibuan selaku Ketua APTIKOM.
Sebelum adanya pandemi covid-19 Universitas Budi Luhur telah menerapkan metode perkuliahan yang memadukan antara kuliah tatap muka dan e-learning atau pembelajaran jarak jauh. Metode tersebut diberi nama blended learning. Blended learning dihadirkan Universitas Budi Luhur sebagai jawaban akan kebutuhan mahasiswa masa kini. Situs web dan aplikasi e-learning ini dikembangkan berdasarkan ketentuan dari Kemenristekdikti yaitu adanya ruang interaksi antara dosen dengan mahasiswa.

Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) merupakan sebuah asosiasi yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan akademik dibidang teknologi informasi di Indonesia. Salah satu bentuk kerjasama yang telah dilakukan APTIKOM yakni U to U yaitu Universitas dengan Universitas baik dalam maupun luar negeri, salah satunya yakni bekerja sama dengan lembaga pendidikan yang ada di Indonesia dan India.

Universitas Budi Luhur merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Jakarta yang telah melakukan program pertukaran mahasiswa, salah satunya pertukaran mahasiswa dengan Archarya Institutes, India. Tentu hal ini bertujuan agar mahasiswa memiliki banyak wawasan dan pengalaman. Hal ini disampaikan oleh Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M dalam webinar internasional Sabtu, 04 Juli 2020 “Dengan melakukan pertukaran ini tentunya mahasiswa mendapatkan pengalaman dan wawasan mengenai kultur budaya antar ke dua negara dan tentunya pendidikan yang dikolaborasikan dengan baik.” Jelasnya.

Dr. Nina Kurnia Hikmawati, SE., MM selaku Wakil Sekretaris jenderal 1 APTIKOM Urusan Eksternal Universitas Komputer Indonesia mengatakan bahwa ke depannya akan ada webinar internasional dari berbagai negera “Inilah salah satu persembahan dari APTIKOM untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya melalui webinar internasional ini, tentu kedepannya akan terus diadakan dengan narasumber dari berbagai macam negara.” Tuturnya.

WhatsApp chat