Edukasi Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan Kepada Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pengabdian Masyarakat

Edukasi Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan Kepada Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pengabdian Masyarakat

Pada tanggal 29 November 2020, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari kelompok 81 Universitas Budi Luhur yang dibimbing oleh Pak Panca Maulana Firdaus SE.,MM sebagai Dosen Pembimbing Lapangan. melaksanakan program KKN di RT 03 RW 02 Kelurahan Petukangan Utara, Jakarta Selatan dengan tema “Keterkaitan Antara Covid-19 dan Kesehatan Lingkungan” tema tersebut berkaitan dengan hubungan masyarakat sekitarterhadap kepedulian dalam kesehatan lingkungan dengan virus Covid-19 yang menyebabkan angka penyebaran virus kian meningkat.

Foto bersama bersama ketua RT 03 dan RW 02 kelurahan Petukangan Utara

Pada hari Sabtu tepatnya tanggal 29 November 2020, kelompok 81 mengadakan program kerja pertama yaitu  Pembukaan Acara KKN sekaligus sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar dengan menjelaskan beberapa hal yang menyangkut pandemi COVID-19 dan keterkaitannya dengan kesehatan lingkungan, dengan mengedukasi dalam pencegahan, edukasi masyarakat saat masyarakat sekitar  di lingkungan tersebut terdentifikasi virus, pemaparan data jumlah pasien COVID dan lain lain. Acara ini dihadiri oleh ketua RT 03, ketua RW 02, Karang Taruna serta beberapa tokoh masyarakat lainnya yang berlokasi di gedung serbaguna RW 02 dengan menerapkan kegiatan protokol kesehatan secara ketat dan sesuai standard SOP.


Sosialisasi sekaligus Pembukaan acara KKN kelompok 81

Minggu ke-2 pada hari Minggu tanggal 7 Desember 2020 anggota kelompok 81 dan warga RT 03 RW 02 Kelurahan Petukangan Utara melakukan kerja bakti di lingkungan sekitar. Namun, terdapatnya keterbatasan dalam melaksanakan kegiatan KKN di masa pandemi Covid-19 seperti  tidak boleh berkerumun sehingga mengalami kendala saat kerja bakti bersama warga. Meskipun begitu, anggota kelompok dan warga tetap antusias dalam melaksanakan kerja bakti bersama-sama.

Anggota kelompok dan warga sekitar sedang melakukan kerja bakti

Pada tanggal 13 Desember 2020, kelompok 81 berinisiatif untuk membuat sejumlah tempat cuci tangan portable yang mudah diakses oleh warga. Selain itu kelompok 81 juga membuat tempat sampah dari ember bekas untuk diletakkan di sekitar pemukiman warga. Kegiatan ini dilakukan untuk mempermudah warga yang sedang beraktivitas diluar dan juga sebagai pengingat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan agar dapat terhindar dari penyakit.

Membuat tempat cuci tangan portable yang mudah diakses warga sekitar

Pada tanggal 20 Desember 2020 yang merupakan minggu terakhir, beberapa warga diundang dalam acara Closing atau penutupan serangkaian kegiatan KKN yang dilakukan oleh anggota kelompok 81. Acara ini meliputi ucapan terimakasih dari perwakilan anggota kelompok, sambutan dari tokoh masyarakat, sambutan dari Dosen Pembimbing Lapangan, serta pemberian plakat serta souvenir dari universitas.

Pemberian plakat dan souvenir dari Universitas Budi Luhur Kepada RW 02 RT 03 Kelurahan Petukangan Utara

Kami berharap dengan semua kegiatan yang telah kami laksanakan di RW 02 RT 03 Kelurahan Petukangan Utara ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi warga sekitar, serta dengan adanya sosialisasi kegiatan KKN yang diadakan oleh Universitas Budi Luhur ini dapat membantu proses pencegahan dan penanggulangan virus Covid-19.

 

WhatsApp chat