•  

Universitas Budi Luhur

Universitas Budi Luhur Wujudkan Klinik Daur Ulang Sampah - Universitas Budi Luhur

Bekerjasama dengan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Nyiur, Program Studi Arsitektur Universitas Budi Luhur melaksanakan peresmian Klinik Daur Ulang Sampah pada Hari Senin, 31 Juli 2017. Kegiatan tersebut berlangsung di RT 010 RW 03 Kampung Belakang, Kelurahan Kamal, Jakarta Barat. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut pelaksanaan Hibah IbM Menuju Kampung Petani Sampah. Agenda kegiatan ini adalah peresmian Klinik Daur Ulang Sampah dan juga penandatanganan Kesepakatan Kerjasama BKM Sejahtera Mandiri Kamal dengan Universitas Budi Luhur.

Kolaborasi antara Universitas Budi Luhur dengan Masyarakat Kelurahan Kamal ini dihadiri oleh team hibah IbM dari Program Studi Arsitektur Universitas Budi Luhur, pihak KSM Nyiur, LKM/BKM Kamal, LKM/BKM Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Kelurahan Kamal, Ketua RW 03 dan juga Koordinator Kota Wilayah 1 Program Kotaku.

Dalam pengelolaan sampah saat ini masyarakat sudah menghasilkan barang-barang daur ulang berupa tas, dompet dan lain-lain. Universitas Budi Luhur dan KSM Nyiur dalam pelaksanaan kegiatan ini tidak hanya berperan sebagai pendamping dan penggerak dalam daur ulang sampah saja. Tetapi juga membangun fasilitas lain yaitu jamban untuk rumah warga yang belum memiliki jamban.

Kepala Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Univ Budi, LuhurAnggraeni Dyah S, ST, MT, menjelaskan ada tiga kegiatan besar program Hibah IbM yang dilakukan di kawasan Kamal, demi mewujudkan wilayah itu sebagai Kampung Petani Sampah.

Pertama program Klinik Daur Ulang Sampah yang melibatkan masyarakat, terutama ibu-ibu untuk mengolah limbah sampah menjadi produk yang layak jual. Di antaranya, kerajinan tangan tas, tempat tissu, dompet, vas bunga, dan sebagainya. Kedua program Bank Sampah yang melibatkan seluruh masyarakat Kamal untuk menjual produksi sampah yang tidak mampu diolah di Klinik Daur Ulang. Dengan menjual produksi sampah, masyarakat tidak hanya mengurangi jumlah tumpukan sampah di lingkungan, tetapi dapat menambah nilai ekonomi bagi masyarakat Kamal. Ketiga program Rumah Pupuk yang juga melibatkan seluruh masyarakat Kamal untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk. Sampah organik merupakan sampah hasil produksi rumah tangga seperti sisa makanan, potongan sayur atau kulit buah yang tidak terpakai. Sampah jenis ini dapat didaur ulang untuk dijadikan pupuk yang dapat bermanfaat untuk menyuburkan penghijauan di rumah tinggal ataupun dijual sehingga dapat menghasilkan uang.

Hibah IbM Kampung Petani Sampah dilaksanakan untuk wilayah di RW.03 dan RW.04, Kelurahan Kamal Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, yang mayoritas warganya bekerja sebagai pengumpul limbah pabrik yang diolah menjadi biji plastik. Dengan adanya KlinikDaur Ulang Sampah, Bank Sampah dan Rumah Pupuk, diharapkan masyarakat dapat berkarya dengan membuat berbagai produk olahan sampah tersebut sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat.

WhatsApp chat