•  

Universitas Budi Luhur

Universitas Budi Luhur Luncurkan Aplikasi "Peduli Sekitar" - Universitas Budi Luhur

Universitas Budi Luhur merupakan kampus yang selalu berupaya melakukan kegiatan social melalui berbagai cara. Gebrakan terbaru dilakukan oleh tim dari Universitas Budi Luhur dalam dunia Pengabdian kepada masyarakat tersebut. Universitas Budi Luhur meluncurkan sebuah aplikasi yang bernama “Peduli Sekitar”. Berawal dari keluhan ketika melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, khususnya dalam mencari lembaga social yang terpercaya, muncullah ide untuk membuat aplikasi ini. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam membantu para calon donatur mendapatkan informasi mengenai keberadaan lembaga sosial ataupun perorangan yang membutuhkan bantuan. Selain keberadaan dari lembaga social, aplikasi ini juga dibuat agar para penyalur dapat menyesuaikan apa yang akan disalurkan dengan kebutuhan lembaga social.

”Kami mengembangkan aplikasi Peduli Sekitar agar dapat membantu calon donatur untuk mendapatkan informasi keberadaan lembaga sosial di sekitar lingkungannya. Dengan aplikasi ini, calon donatur akan mudah menemukan lembaga sosial yang membutuhkan, sesuai dengan barang yang akan disumbangkan. Tinggal memasukkan nama barang yang akan disumbangkan. Misalkan, baju bekas, nanti aplikasi ini akan menghubungkan ke lembaga sosial terdekat dari lokasi donatur. Aplikasi ini sudah bisa di downloads melalui Google Playstore,” menurut Founder Aplikasi Peduli Sekitar Muhammad Ainur Rony S.Kom, M.T.I, dalam acara Peluncuran Aplikasi “Peduli Sekitar” sekaligus buka puasa bersama yang dilaksanakan di Universitas Budi Luhur pada Hari Rabu, 14 Juni 2017.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, Rektor Universitas Budi Luhur Prof Didik Sulistyanto, Deputi Rektor Bidang Akademik Wendi Usino, dan Camat Pesanggrahan Agus Irwanto. Selain itu, juga hadir Wakil Direktur Bidang Riset dan PPM Umaimah Wahid, Founder Rontikeky & Friends, pengembang aplikasi Peduli Sekitar, M Ainur Rony, serta Kepala Humas Universitas Budi Luhur Linda Islami.

Founder Rontikeky & Friends menambahkan, filosifi dasar ‘Peduli Sekitar’ adalah memberikan bantuan kepada lembaga sosial tidak dalam bentuk uang, di mana bantuan dapat berupa layanan perbaikan rumah lembaga sosial atau dapat berbentuk sumbangan produktif seperti pelatihan komputer.

“Ini sangat bagus, kepedulian anak mahasiswa kami terhadap lingkungan sekitar, khususnya terkait rasa kemanusiaan yang membantu anak yatim. Ke depan kami harapkan ide atau gagasan aplikasi ini ditiru dan dapat digunakan oleh khalayak banyak serta universitas-universitas lainnya,” kata Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro yang didampingi Prof. Dr Sc Agr. Ir Didik Sulistyanto.

Saat ini, aplikasi tersebut sudah dapat diunduh dari Google Playstore secara gratis, dan direncanakan akan terus dikembangkan dengan berbagai kemudahan lainnya. Bagi lembaga sosial yang berminat untuk bergabung menjadi mitra Peduli Sekitar dapat menghubungi di email info@pedulisekitar.com.

WhatsApp chat